Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap Kecerdasan Emosional Remaja Dalam Pembelajaran Daring di Kabupaten Deli Serdang

Laila, Nur (2021) Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap Kecerdasan Emosional Remaja Dalam Pembelajaran Daring di Kabupaten Deli Serdang. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM_1172171015_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM_1172171015_COVER.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM_1172171015_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM_1172171015_PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (776kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM_1172171015_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM_1172171015_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM_1172171015_KATA PENGANTAR DAN UCAPAN TERIMAKASIH.pdf]
Preview
Text
4. NIM_1172171015_KATA PENGANTAR DAN UCAPAN TERIMAKASIH.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM_1172171015_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM_1172171015_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM_1172171015_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM_1172171015_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM_1172171015_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM_1172171015_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM_1172171015_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM_1172171015_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM_1172171015_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM_1172171015_BAB I.pdf - Published Version

Download (665kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM_1172171015_BAB II.pdf] Text
10. NIM_1172171015_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM_1172171015_BAB III.pdf] Text
11. NIM_1172171015_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM_1172171015_BAB IV.pdf] Text
12. NIM_1172171015_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM_1172171015_BAB V.pdf] Text
13. NIM_1172171015_BAB V.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 14. NIM_1172171015_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. NIM_1172171015_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of 15. NIM_1172171015_LAMPIRAN.pdf] Text
15. NIM_1172171015_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perubahan psikologis yang terjadi selama tahap perkembangan remaja menimbulkan konflik pada diri remaja itu sendiri ataupun remaja dengan orang lain. Emosi negatif yang dialami remaja yaitu bersikap arogan, rendahnya rasa empati dan kepedulian sosial. Ditambah dengan adanya pelaksanaan pembelajaran daring yang menghilangkan sikap solidaritas, empati dan interaksi secara langsung. Untuk menghadapi konflik tersebut diperlukan kecerdasan emosional yang tinggi. Dukungan keluarga menjadi faktor penting dalam meningkatkan kecerdasan emosional remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan keluarga pada remaja, untuk mengetahui kecerdasan emosional remaja, dan untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga terhadap kecerdasan emosional remaja dalam pembelajaran daring di Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 98 remaja yang melaksanakan pembelajaran daring di Desa Muliorejo Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, uji hipotesis (uji-t), dan uji determinan. Hasil penelitian menunjukkan nilai t_(hitung )> t_tabel (19,357 > 1,660), dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) pada penelitian ini diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara dukungan keluarga terhadap kecerdasan emosional remaja yang melaksanakan pembelajaran daring di Desa Muliorejo Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Dengan besar pengaruh 63% pada kategori tinggi, nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan persamaan regresi Y = 26,827 + 1,007X. Artinya semakin baik dukungan keluarga semakin baik pula kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-PLS-010
Keywords: Dukungan Keluarga; Kecerdasan Emosional Remaja; Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:07
Last Modified: 19 Sep 2025 05:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46824

Actions (login required)

View Item
View Item