Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Dasar- Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan

Siregar, Nadya Putri Andhika (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Dasar- Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5171111015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5171111015 COVER.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5171111015 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5171111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5171111015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5171111015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (826kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5171111015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5171111015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5171111015 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5171111015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5171111015 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5171111015 TABLES.pdf - Published Version

Download (556kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5171111015 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5171111015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5171111015 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5171111015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (557kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5171111015 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5171111015 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5171111015 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5171111015 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5171111015 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5171111015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (747kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah dengan menggunakan dua model pembelajaran kooperatif yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw serta melihat karakteristik siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah dalam proses pembelajaran. penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X DPIB 1 yang berjumlah 32 siswa yang diajar dengan model pembelajaran STAD dan siswa kelas X DPIB 2 yang berjumlah 32 siswa yang diajar dengan model pembelajaran Jigsaw. Sebelum penelitian ini dilakukan, intrumen penelitian terlebih dahulu diuji cobakan. Hasil uji coba instrumen angket Motivasi Belajar diperoleh 25 butir angket yang valid dari 30 butir angket yang diuji cobakan dengan reliabilitas sebesar 0,886 yang artinya tergolong sangat tinggi. Hasil uji coba instrumen tes hasil belajar dasar-dasar konstruksi bangunan dan teknik pengukuran tanah diperoleh 24 butir soal yang valid dari 30 butir soal yang diuji cobakan dengan reliabilitas sebesar 0,884 yang artinya tergolong sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan Fhitung = 6,081 > Ftabel = 4,001 pada taraf signifikan α = 0,05. Tingkat motivasi belajar siswa pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan Fhitung = 5,467 > Ftabel = 4,001. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan tingkat motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dengan Fhitung = 0,227 < Ftabel = 4,001.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:28
Last Modified: 27 Jul 2022 04:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46802

Actions (login required)

View Item
View Item