Nur, Syama Wati (2021) Kontribusi Penguasaan Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Namorambe Tahun Pembelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2172111006 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 2172111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
3. NIM 2172111006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4. NIM 2172111006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
5. NIM 2172111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
6. NIM 2172111006 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
7. NIM 2172111006 LIST OF IMAGES.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
8. NIM 2172111006 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
9. NIM 2172111006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
13. NIM 2172111006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
14. NIM 2172111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui kontribusi penguasaan struktur dan kaidah
kebahasaan teks ulasan terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 Namorambe. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII, 7 kelas
sebanyak 210 Siswa. Pengambilan sampel, teknik acak (cluster random sampling):
kelas VIII-7 sebanyak 30 Siswa. Metode Korelasional (ex post facto). Pengumpulan
data, Instrumen tes. Intrumen tes penelitian yang digunakan tes pilihan berganda
untuk penguasaan struktur dan kaidah kebahasaan, tes essay untuk kemampuan
menulis teks ulasan. Uji instrumen penelitian Uji Validitas dan Reliabilitas. Untuk
menganalisis data menggunakan uji normalitas, linearitas dan persamaan regresi
berganda, untuk menguji hipotesis rumus uji t dan f serta koefisien determinasi.
Hasil penelitian penguasaan siswa terhadap struktur teks ulasan 70,0% kategori
sangat baik, 13,0% kategori baik, dan 16,0% kategori cukup. Penguasan siswa
terhadap kaidah kebahasaan teks ulasan 60,0% kategori sangat baik, 30,0% kategori
cukup, dan 10,0% katagori terendah. Kemampuan siswa menulis teks ulasan 60%
kategori sangat baik, 30,0% kategori cukup, dan 10,0% kategori kurang.
Tidak ada kontribusi penguasaan struktur teks ulasan terhadap kemampuan menulis
teks ulasan. Kontribusi penguasaan kaidah kebahasaaan teks ulasan terhadap
kemampuan menulis teks ulasan siswa 8%, dan kontribusi penguasaan struktur dan
kaidah kebahasaan teks ulasan terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa 8%
, sisanya 92% dipengaruhi variabel lain.
Keberhasilan dalam menulis teks ulasan tidak sepenuhnya menguasai struktur,
semakin tinggi penguasaan kaidah kebahasaan teks ulasan maka semakin baik
kemampuan siswa dalam menulis. Faktor lain mendukung keberhasilan dalam
kemampuan menulis teks ulasan. Melalui penelitian ini pendidik mengetahui
kemampuan siswa khususnya dalam menulis teks ulasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Struktur; Kaidah Kebahasaan; Menulis; Teks Ulasan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 02:08 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46778 |