Kesuma, Deli (2022) Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis 4c (critical thinking, communication, collaboration, and creativity) dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah Dalam Pembelajaran Tematik. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186184004 COVER.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
2. NIM. 8186184004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (714kB) | Preview
3. NIM. 8186184004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. NIM. 8186184004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
5. NIM. 8186184004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
6. NIM. 8186184004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
7. NIM. 8186184004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
8. NIM. 8186184004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
9. NIM. 8186184004 BAB I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
13. NIM. 8186184004 BAB V.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
14. NIM. 8186184004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertolak dari model pembelajaran yang dilakukan masih mengarah pada pembelajaran konvensional dan masih sedikit melakukan pengembangan model pembelajaran dalam kegiatan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis critical thinking, communication, collaboration, and creativity yang valid; (2) mengetahui keefektifan penerapan pembelajaran produk pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis critical thinking, communication, collaboration, and creativity yang dilakukan oleh guru; dan (3) mengetahui keefektifan produk pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis critical thinking, communication, collaboration, and creativity dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu metodologi developmental research 4D menurut Ghiadarajan, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 067690 Medan dan sebagai objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis 4C (Jigsaw-4c). Instrumen pengeumpulan data yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata skor seluruhnya terhadap Penilaian dan Tanggapan untuk Ahli Model berada pada kategori di atas empat dengan kriteria “valid”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penilaian dan Tanggapan untuk Ahli Model dapat digunakan dengan revisi kecil; (2) Kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis critical thinking, communication, collaboration, and creativity berada pada kriteria baik; dan (3) Kemampuan Pemecahan Masalah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis critical thinking, communication, collaboration, and creativity lebih tinggi dari pada Kemampuan Pemecahan Masalah siswa siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Kes p |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis 4c; Kemampuan Pemecahan Masalah; tematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 05:48 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 05:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46758 |