Pengembangan Model Supervisi Akademik Pengawas Berbasis Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Kecamatan Medan Marelan

Nasution, Lukman (2022) Pengembangan Model Supervisi Akademik Pengawas Berbasis Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Kecamatan Medan Marelan. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 81661130003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 81661130003 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 81661130003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 81661130003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 81661130003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 81661130003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 81661130003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 81661130003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 81661130003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 81661130003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 81661130003 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 81661130003 TABLES.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 81661130003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 81661130003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 81661130003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 81661130003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 81661130003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 81661130003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (942kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 81661130003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 81661130003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 81661130003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 81661130003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menemukan kondisi objektif supervisi akademik pengawas di Kecamatan Medan Marelan; (2) menemukan model konseptual supervisi akademik pengawas berbasis Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan mutu proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Kecamatan Medan Marelan; (3) mengetahui implementasi supervisi akademik pengawas berbasis Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan mutu proses Pembelajaran; (4) mengetahui efektivitas model supervisi akademik pengawas berbasis Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan mutu proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Kecamatan Medan Marelan.

Penelitian R&D dan eksperimen ini dilaksanakan pada sekolah negeri di Kecamatan Medan Marelan, Provinsi Sumatera Utara. Populasi penelitian adalah seluruh guru di SDN Kecamatan Medan Marelan, sedangkan jumlah sampel total adalah 169 orang guru. Pada ujioba terbatas dilakukan terhadap 30 orang guru. Data dikumpulkan dengan inventori, lembar pengamatan, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model supervisi akademik pengawas berbasis TQM cocok diterapkan terhadap guru SD Kecamatan Medan Marelan untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran; (2) luaran (output) dari model supervisi akademik berbasis TQM yaitu mutu proses pembelajaran pada responden setelah penerapan model lebih tinggi secara signifikan dibandingkan sebelum penerapan model di sekolah; (3) respon dari pengelola program, manajemen sekolah dan responden terhadap penyelenggaraan model supervisi akademik pengawas berbasis TQM cukup memuaskan, baik mengenai konsep model, penerapan dalam teknis penyelenggaraan maupun persepsi mereka tentang model tersebut; serta (4) faktor determinasi yang mempengaruhi mutu pembelajaran adalah supervisi akademik berbasis TQM. Model supervisi akademik pengawas dapat dikembangkan sebagai alternatif penyelenggaraan dalam manajemen pendidikan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 375.001 Nas p
Keywords: Supervisi Akademik; Pengawas; Total Quality Management (TQM); Mutu Proses Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:40
Last Modified: 26 Jul 2022 04:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46753

Actions (login required)

View Item
View Item