Pengaruh Model Pembelajaran dan Jenis Kecerdasan Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Makro

Hendri (2022) Pengaruh Model Pembelajaran dan Jenis Kecerdasan Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Makro. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8186166016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8186166016 COVER.pdf - Published Version

Download (966kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8186166016 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8186166016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. 8186166016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8186166016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (994kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8186166016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8186166016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. 8186166016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8186166016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (995kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8186166016 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8186166016 TABLES.pdf - Published Version

Download (970kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8186166016 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8186166016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (995kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8186166016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8186166016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. 8186166016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8186166016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. 8186166016 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8186166016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar mata kuliah Pengantar Ekonomi Makro antara mahasiswa yang diajarkan melalui PBL dengan mahasiswa yang diajarkan dengan model konvensional; (2) Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar mata kuliah pengantar ekonomi makro antara mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi dengan mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal rendah; (3) Mengetahui ada atau tidaknya interaksi antara jenis kecerdasan dengan model pembelajaran dalam mempengaruhi hasil belajar; (4) Mengetahui apakah mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi memiliki hasil belajar yang lebih tinggi ketika diajarkan dengan model PBL; dan (5) Mengetahui model apa yang paling cocok diterapkan pada mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi dan interpersonal rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sampel penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Digital Universitas Negeri Medan. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Faktorial ANOVA. Setelah eksperimen selesai dilaksanakan, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar mata kuliah Pengantar Ekonomi makro antara mahasiswa yang diajarkan melalui PBL dengan mahasiswa yang diajarkan dengan model konvensional; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar mata kuliah pengantar ekonomi makro antara mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi dengan mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal rendah; (3) Terdapat interaksi antara jenis kecerdasan dengan model pembelajaran dalam mempengaruhi hasil belajar; (4) Mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi memiliki hasil belajar yang lebih tinggi ketika diajarkan dengan model PBL; dan (5) Mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal rendah memiliki hasil belajar yang lebih tinggi ketika diajarkan dengan model konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 339.072 Hen p
Keywords: PBL; ceramah; faktorial ANOVA
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:59
Last Modified: 26 Jul 2022 03:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46747

Actions (login required)

View Item
View Item