Hendri (2022) Pengaruh Model Pembelajaran dan Jenis Kecerdasan Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Makro. Masters thesis, UNIMED.
1. 8186166016 COVER.pdf - Published Version
Download (966kB) | Preview
2. 8186166016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8186166016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (994kB) | Preview
4. 8186166016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. 8186166016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (995kB) | Preview
6. 8186166016 TABLES.pdf - Published Version
Download (970kB) | Preview
7. 8186166016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (995kB) | Preview
8. 8186166016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. 8186166016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. 8186166016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar mata kuliah Pengantar Ekonomi Makro antara mahasiswa yang diajarkan melalui PBL dengan mahasiswa yang diajarkan dengan model konvensional; (2) Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar mata kuliah pengantar ekonomi makro antara mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi dengan mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal rendah; (3) Mengetahui ada atau tidaknya interaksi antara jenis kecerdasan dengan model pembelajaran dalam mempengaruhi hasil belajar; (4) Mengetahui apakah mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi memiliki hasil belajar yang lebih tinggi ketika diajarkan dengan model PBL; dan (5) Mengetahui model apa yang paling cocok diterapkan pada mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi dan interpersonal rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sampel penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Digital Universitas Negeri Medan. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Faktorial ANOVA. Setelah eksperimen selesai dilaksanakan, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar mata kuliah Pengantar Ekonomi makro antara mahasiswa yang diajarkan melalui PBL dengan mahasiswa yang diajarkan dengan model konvensional; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar mata kuliah pengantar ekonomi makro antara mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi dengan mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal rendah; (3) Terdapat interaksi antara jenis kecerdasan dengan model pembelajaran dalam mempengaruhi hasil belajar; (4) Mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi memiliki hasil belajar yang lebih tinggi ketika diajarkan dengan model PBL; dan (5) Mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal rendah memiliki hasil belajar yang lebih tinggi ketika diajarkan dengan model konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 339.072 Hen p |
Keywords: | PBL; ceramah; faktorial ANOVA |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 03:59 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46747 |