Wahyuni, Tika (2021) Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Etika Pergaulan Siswa Kelas VIII di SMP Swasta Karya Bunda Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173351064_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1173351064_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
3. NIM. 1173351064_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. NIM. 1173351064_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM. 1173351064_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM. 1173351064_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM. 1173351064_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1173351064_BAB I.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
12. NIM. 1173351064_BAB V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13. NIM. 1173351064_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama terhadap etika pergaulan pada siswa kelas VIII di SMP Swasta Karya Bunda Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pretest-posttest group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 14 orang siswa kelas VIII yang memiliki skor etika pergaulan yang rendah. Data penelitian dikumpulkan dengan angket etika pergaulan yang berjumlah 49 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Angket diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan penguasaan konten. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh positif dan signifikan pemberian layanan penguasaan konten teknik sosiodrama terhadap etika pergaulan siswa. Hal ini dapat diperoleh dari hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 99 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 164. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 36 sedangkan Jtabel = 21. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n=14, α=0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 36 > 21, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis diterima. Hal ini menujukkan ada pengaruh positif dan signifikan layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama terhadap etika pergaulan siswa kelas VIII di SMP Swasta Karya Bunda Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BK-008 |
Keywords: | Layanan Penguasaan Konten Teknik Sosiodrama; Etika Pergaulan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 03:23 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46731 |