Sulistia, - (2021) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1172151021_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1172151021_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
3. NIM. 1172151021_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM. 1172151021_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM. 1172151021_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM. 1172151021_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1172151021_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1172151021_BAB I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
12. NIM. 1172151021_BAB V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
13. NIM. 1172151021_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy terhadap kejenuhan belajar siswa kelas X di SMA Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior terhadap kejenuhan belajar siswa kelas X di SMA Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimental dengan menggunakan Pre-test and post test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas X yang memiliki skor kejenuhan belajar tinggi. Instrumen yang digunakan adalah skala kejenuhan belajar. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy terhadap kejenuhan belajar siswa. Hasil analisis diperoleh bahwa hasil awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 124,625 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 81,125. Hasil analisis diperoleh dari uji Wilcoxon menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh J hitung = 15 sedangkan J tabel = 4. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n=8, α= 0,05 sesuai dengan kriteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel di mana 15 > 4, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok rational emotive behavior terhadap kejenuhan belajar siswa kelas X di SMA Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2020/2021 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BK-003 |
Keywords: | Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior; Kejenuhan Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 03:23 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46727 |