PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN WACANA MELALUI PENERAPAN TEKNIK MEMBACA MEMINDAI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 KERAJAAN KABUPATEN PAKPAK BHARAT

Simangunsong, Flora (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN WACANA MELALUI PENERAPAN TEKNIK MEMBACA MEMINDAI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 KERAJAAN KABUPATEN PAKPAK BHARAT. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 809122032_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 809122032_COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 809122032_LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 809122032_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 809122032_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 809122032_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 809122032_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 809122032_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 809122032_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 809122032_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 809122032_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 809122032_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 809122032_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 809122032_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 809122032_DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 809122032_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 809122032_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 809122032_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 809122032_BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 809122032_BAB I.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 809122032_BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 809122032_BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 809122032_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 809122032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman wacana melalui Penerapan Teknik Membaca Memindai Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kerajaan Kabupaten Pakpak Bharat.
Penelitian ini dilaksanakan kepada semua siswa kelas IX yang berjumlah 20 orang (12 laki-laki dan 8 perempuan). PTK dilaksanakan dalam dua Siklus, yaitu (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah : (1) lembar observasi. (2) lembar penilaian kemampuan memahami wacana, dan (3) catatan lapangan, serta (4) evaluasi hasil belajar.
Kondisi awal kemampuan siswa sebelum pelaksanaan tindakan adalah dengan nilai rata-rata 64 dan teknik membaca memindai dapat meningkatkan kemampuan pemahaman wacana siswa kelas IX di mana 14 dari 20 siswa atau 70% siswa telah mencapai nilai di atas KKM pada Siklus I dan di Siklus II menunjukkan 17 dari 20 siswa atau 85%. Hasil lembar observasi menunjukkan bahwa siswa termotivasi untuk berperan aktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan teknik membaca memindai.
Hasil PTK ini diharapkan dapat menjadi masukan yang sangat bermanfaat bagi para guru bahasa Indonesia untuk dapat memilih dan mengembangkan teknik pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi yang dipelajari secara efektif dan efisien. Dengan demikian, kemampuan pemahaman wacana bahasa Indonesia dapat ditingkatkan melalui penerapan teknik membaca memindai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.455 Sim p
Keywords: Membaca cepat; Pemahaman wacana; Kemampuan membaca; Teknik membaca memindai
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:37
Last Modified: 26 Apr 2016 07:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4672

Actions (login required)

View Item
View Item