Saragih, Nur Afifah Nabila (2021) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Pembelajaran Self-Regulated Learning Meminimalisir Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X IIS 3 Di SMA Negeri 10 Medan T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173351043_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1173351043_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
3. NIM. 1173351043_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
4. NIM. 1173351043_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5. NIM. 1173351043_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1173351043_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1173351043_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1173351043_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 1173351043_BAB I.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
13. NIM. 1173351043_BAB V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. NIM. 1173351043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan pembelajaran Self-Regulated Learning meminimalisir Prokrastinasi Akademik yang terjadi pada siswa kelas X IIS 3 di SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen, adapun metode eksperimen yang digunakan yakni Eksperimen Semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Desaign dengan memberikan pre-test dan post-test. Subjek penelitian berjumlah 8 orang siswa kelas X IIS 3 di SMA Negeri 10 Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dengan skala Prokrastinasi Akademik. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pada perhitungan hipotesis yang menggunakan uji wilcoxon dengan hasil J_hitung= 15,6 dengan α= 0,05 dan N = 8 sehingga J_tabel adalah 4, dari data tersebut dapat dilihat bahwa J_hitung >〖 J〗_tabel yakni 15,6 > 4. Maka dapat diketahui bahwa hipotesis diterima. Hal ini berarti bahwa “Ada Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Pembelajaran Self-Regulated Learning Meminimalisir Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X IIS 3 Di SMA Negeri 10 Medan T.A 2020/2021”. Kemudian hasil analisis berdasarkan jumlah skor pre-test yakni 1120 dan skor post-test yakni 888 maka terdapat selisih berjumlah 232 dengan persentase 20,71%. Dari hasil tersebut diketahui bahwa terjadinya penurunan atau terminimalisirnya prokrastinasi akademik yang terjadi pada 8 siswa subjek penelitian dikelas X IIS 3. Dengan adanya penurunan atau terminimalisirnya prokrastinasi akademik yang terjadi pada siswa maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok pendekatan pembelajaran self-regulated learning dapat meminimalisir prokrastinasi akademik yang terjadi pada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BK-025 |
Keywords: | Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Pembelajaran Self-Regulated Learning; Prokrastinasi Akademik Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 03:11 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46713 |