Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Pembelajaran Self-Regulated Learning Meminimalisir Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X IIS 3 Di SMA Negeri 10 Medan T.A 2020/2021

Saragih, Nur Afifah Nabila (2021) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Pembelajaran Self-Regulated Learning Meminimalisir Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X IIS 3 Di SMA Negeri 10 Medan T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1173351043_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1173351043_COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1173351043_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1173351043_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1173351043_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1173351043_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1173351043_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1173351043_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1173351043_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1173351043_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1173351043_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1173351043_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1173351043_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1173351043_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1173351043_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1173351043_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1173351043_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1173351043_BAB I.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1173351043_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1173351043_BAB V.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1173351043_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1173351043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan pembelajaran Self-Regulated Learning meminimalisir Prokrastinasi Akademik yang terjadi pada siswa kelas X IIS 3 di SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen, adapun metode eksperimen yang digunakan yakni Eksperimen Semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Desaign dengan memberikan pre-test dan post-test. Subjek penelitian berjumlah 8 orang siswa kelas X IIS 3 di SMA Negeri 10 Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dengan skala Prokrastinasi Akademik. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pada perhitungan hipotesis yang menggunakan uji wilcoxon dengan hasil J_hitung= 15,6 dengan α= 0,05 dan N = 8 sehingga J_tabel adalah 4, dari data tersebut dapat dilihat bahwa J_hitung >〖 J〗_tabel yakni 15,6 > 4. Maka dapat diketahui bahwa hipotesis diterima. Hal ini berarti bahwa “Ada Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Pembelajaran Self-Regulated Learning Meminimalisir Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X IIS 3 Di SMA Negeri 10 Medan T.A 2020/2021”. Kemudian hasil analisis berdasarkan jumlah skor pre-test yakni 1120 dan skor post-test yakni 888 maka terdapat selisih berjumlah 232 dengan persentase 20,71%. Dari hasil tersebut diketahui bahwa terjadinya penurunan atau terminimalisirnya prokrastinasi akademik yang terjadi pada 8 siswa subjek penelitian dikelas X IIS 3. Dengan adanya penurunan atau terminimalisirnya prokrastinasi akademik yang terjadi pada siswa maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok pendekatan pembelajaran self-regulated learning dapat meminimalisir prokrastinasi akademik yang terjadi pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-BK-025
Keywords: Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Pembelajaran Self-Regulated Learning; Prokrastinasi Akademik Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:11
Last Modified: 26 Jul 2022 03:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46713

Actions (login required)

View Item
View Item