Sinaga, Mega Silvani Br. (2021) Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel “Tentang Kamu” Karya Tere Liye dan Relevansinya Terhadap Materi Ajar Pembelajaran Sastra di SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2173311044 COVER.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
2. NIM. 2173311044 APPROVAL SHETT.pdf - Published Version
Download (682kB) | Preview
3. NIM. 2173311044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM. 2173311044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM. 2173311044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6. NIM. 2173311044 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 2173311044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 2173311044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
12. NIM. 2173311044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM. 2173311044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai pendidikan karakter dalam novel “Tentang Kamu” karya Tere Liye, dan relevansi nilai pendidikan karakter terhadap materi ajar pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2020-2021. Sumber data yaitu novel “Tentang Kamu” karya Tere Liye yang diterbitkan pertama kali oleh Replubika dengan jumlah halaman 524 halaman. Sumber data primernya adalah kalimat yang ada di dalam novel. Sedangkan sumber data sekundernya adalah data yang sesuai dengan KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel dan 4.9 Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis. fokus penelitian peneliti pada KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel. Instrumen atau alat penelitian adalah teks itu sendiri. hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter yang mencakup delapan belas, yakni religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan (nasionalisme), cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nilai karakter yang dominan adalah kerja keras. Nilai yang paling sedikit ditemukan, yakni toleransi, mandiri, semangat kebangsaan (nasionalisme), cinta damai, dan peduli lingkungan. Sedangkan nilai yang sifatnya menengah, yakni nilai disiplin, kreatif, demokratis, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. novel “Tentang Kamu” dapat digunakan sebagai materi pembelajaran sastra di SMA karena menggunakan bahasa yang tidak terlalu sulit untuk diikuti peserta didik, sejalan dengan lingkungan sosial budaya peserta didik, sesuai dengan umur, adanya rasa ingin tahu, dan sesuai dengan kurikulum SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Nilai Pendidikan Karakter; Novel; Relevansi Materi Ajar Sastra |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 09:09 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 09:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46697 |