Handayani, Surtiati (2022) Pengembangan Bahan Ajar Melalui Cerita Rakyat Bermuatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Utara untuk Siswa Kelas X. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8196191002 COVER.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
2. NIM 8196191002 APPOVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
3. NIM 8196191002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM 8196191002 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM 8196191002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM 8196191002 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM 8196191002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 8196191002 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 8196191002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
13. NIM 8196191002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
14. NIM 8196191002 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran teks cerita rakyat yang dikaitkan dengan budaya kearifan lokal Sumatera Utara bermuatan pendidikan karakter, terkhusus cerita rakyat wisata yang ada di Sumatera Utara. Penelitian ini menghasilkan produk berbentuk bahan ajar teks cerita rakyat bermuatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) untuk mendeskripikan proses pengembangan bahan ajar teks cerita rakyat bermuatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Sumatera Utara, 2) untuk Mendeskripsikan kelayakan bahan ajar teks cerita rakyat bermuatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Sumatera Utara, dan 3) untuk mendeskripsikan efektivitas bahan ajar teks cerita rakyat bermuatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Sumatera Utara. Kebermanfaat bahan ajar teks cerita rakyat bermuatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Sumatera Utara memiliki kriteria baik sebagai buku pendamping pembelajaran Bahasa Indonesia dengan rata-rata 81,14%. Hasil validasi ahli materi secara keseluruhan mendapat 88,08% dengan kategori sangat baik. Terkait penilaian isi mendapat 88,79% dengan katagori sangat baik, kelayakan penyajian mendapatkan 88,54% dengan katagori sangat baik, penilaian bahasa mendapatkan 87,5% dengan kriteria baik, penilaian kesesuaian tema dengan bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan 87,5% dengan kriteria sangat baik. Hasil penilaian desain mendapatkan 81,03% dengan katagori baik. Penelitian ini memiliki implikasi yaitu bahan ajar yang dikembangkan akan memberi sumbangan praktis dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru, dan bahan ajar ini dapat digunakan sebagai bahan ajar tambahan untuk memberi kemudahan dalam menyampaikan materi yang diajarkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.838 1 Han p |
Keywords: | Bahan Ajar; Pendidikan Karakter; Kearifan Lokal Sumatera Utara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 03:27 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46667 |