Alvira, Aulia (2021) Pengaruh Konseling Kelompok Melalui Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy Terhadap Kecemasan Sosial Siswa SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173151006_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1173151006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM. 1173151006_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4. NIM. 1173151006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5. NIM. 1173151006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM. 1173151006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1173151006_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 1173151006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1173151006_BAB I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
13. NIM. 1173151006_BAB V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
14. NIM. 1173151006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok melalui pendekatan cognitive behavioral therapy terhadap kecemasan sosial siswa SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretest-posttest group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XI yang memiliki skor kecemasan sosial tinggi. Instrumen yang digunakan adalah angket kecemasan sosial. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok melalui pendekatan cognitive behavioral therapy terhadap kecemasan sosial siswa. Hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 89 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 69. Hasil uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diproleh Jhitung = 6 sedangkan Jtabel = 4. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 8, α =0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 6>4, dari perhitungan ini dapat dilihat dari perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh konseling kelompok melalui pendekatan cognitive behavioral therapy terhadap kecemasan sosial siswa SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BK-016 |
Keywords: | Konseling Kelompok Melalui Pendekatan Cognotive Behavioral Therapy; Kecemasan Sosial |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 02:41 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46662 |