Gurning, Evy Oktovina (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP KEMAMPUAN APRESIASI CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 16 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
0_8136122014-Cover.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
1_8136122014-Pengesahan.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
2_8136122014-Abstrak.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
3_8136122014-Kata pengantar.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4_8136122014-Daftar isi.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
5_8136122014-Daftar tabel.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6_8136122014-Daftar gambar.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
7_8136122014-Daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8_8136122014-Bab I.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
12_8136122014-Bab V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
13_8136122014-Daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan apresiasi cerpen yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih tinggi daripada kemampuan apresiasi cerpen yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share; (2) kemampuan apresiasi cerpen yang memiliki tingkat kecerdasan linguistik tinggi lebih baik daripada kemampuan apresiasi cerpen yang memiliki tingkat kecerdasan linguistik rendah; dan (3) interaksi antara penggunaan model pembelajaran kooperatif dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan apresiasi cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Negeri 16 Medan yang berjumlah 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan teknik cluster sampling, dengan mengambil 2 kelas dengan jumlah tiap kelas 40 anak. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan apresiasi cerpen dan angket kecerdasan linguistik. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA Faktorial 2 × 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan kemampuan apresiasi cerpen siswa kelas model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan kemampuan apresiasi cerpen siswa kelas model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan Fhitung > Ftabel (8,666 > 3,96); (2) terdapat perbedaan kemampuan apresiasi cerpen siswa yang memiliki kecerdasan linguistik tinggi dengan kemampuan apresiasi cerpen siswa yang memiliki kecerdasan linguistik rendah dengan Fhitung > Ftabel (81,373 > 3,96); dan (3) ada interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan apresiasi cerpen dengan Fhitung > Ftabel (4,110 > 3,96). Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dalam meningkatkan kemampuan apresiasi cerpen siswa. Selain itu perlu ditingkatkan kecerdasan linguistik siswa dalam pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.634 Gur p |
Keywords: | Kemampuan apresiasi cerpen; Model pembelajaran kooperatif; Kecerdasan linguistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 07:14 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 07:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4666 |