Sihombing, Febri Yustina (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Technological, Pedagogical, And Content Knowledge (TPACK) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Di SMA Sultan Iskandar Muda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3173121014 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. NIM. 3173121014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
3. NIM. 3173121014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
4. NIM. 3173121014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 3173121014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 3173121014 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 3173121014 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 3173121014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
12. NIM. 3173121014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
13. NIM. 3173121014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan TPACK terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA Sultan Iskandar Muda Medan. Penelitian ini termasuk kedalam kategori eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Sultan Iskandar Muda Medan T.A. 2021/2022 dengan sampel kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan metode simple random sampling. Pada kelas eksperimen diberikan pengajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan TPACK, sedangkan untuk kelas kontrol diberikan pengajaran dengan model pembelajaran Discovery Learning. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes yang berjumlah 25 soal pilihan ganda yang telah dinyatakan valid. Pada penelitian ini diberikan dua tahapan tes yaitu Pretest dan Posttest dalam bentuk soal pilihan ganda yang telah dinyatakan valid. Pretest diberikan kepada kedua kelas sampel untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik sebelum diberikannya perlakuan. Sedangkan Posttest diberikan kepada kedua kelas sampel untuk mengetahui kemampuan akhir peserta didik setelah mendapatkan perlakuan. Berdasarkan data posttest, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,3 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 68,4. Melalui analisis uji statistik data terbukti berdistribusi normal dan homogen sehingga dilakukan uji hipotesis yaitu uji t satu pihak yang menunjukkan 〖t_hitung>〗〖t_tabel 〗 (5,964>1,667) pada taraf nyata α = 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan TPACK Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Sultan Iskandar Muda Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-SJRH-006 |
Keywords: | Problem Based Learning; Pendekatan TPACK; Hasil Belajar Sejarah |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 08:51 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46644 |