Purba, Indra Jaya (2022) Pengembangan Buku Ajar Fisiologi Hewan Berbasis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi untuk Mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM.8206174005 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
02. NIM.8206174005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
03. NIM.8206174005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
04. NIM.8206174005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
05. NIM.8206174005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
06. NIM.8206174005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07. NIM.8206174005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
08. NIM.8206174005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
09. NIM.8206174005 BAB I.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
13. NIM.8206174005 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM.8206174005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mata kuliah Fisiologi Hewan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Thiagarajan (4D) yang terdiri dari tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan diseminasi (disseminate). Buku ajar yang telah dikembangakan divalidasi oleh tiga ahli, yakni ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain. Buku ajar juga diujikan kepada mahasiswa yang telah lulus mata kuliah Fisiologi Hewan untuk mendapatkan respon mahasiswa terhadap kualitas buku ajar. Hasil validasi ahli materi menunjukkan 86 terkategori “Sangat Baik”, ahli bahasa menunjukkan 88 terkategori “Sangat Baik”, dan ahli desain menunjukkan 87 terkategori “Sangat Baik. Hasil respon mahasiswa terhadap kualitas buku ajar dalam uji kelompok perorangan, kelompok kecil, serta kelompok lapangan terbatas secara berurutan adalah 86, 89, dan 89. Secara keseluruhan respon mahasiswa termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Buku ajar yang telah dikembangkan didesiminasi kepada mahasiswa Jurusan Biologi dan diuji keefektivannya melalui uji t dan uji N-gain. Hasil posttest menunjukkan nilai rata-rata di kelas eksperimen (71,19) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata di kelas kontrol (55,67) dengan p-value (0,000) < (0,05). Hasil N-gain yang diperoleh adalah 0,59 dengan kategori “Baik”. Hasil ini menunjukkan bahwa buku ajar Fisiologi Hewan berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki efektivitas yang baik dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.1 Pur p |
Keywords: | Buku Ajar; Fisiologi Hewan; Model Pengembangan 4D |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 04:54 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46637 |