Rambe, Ema Puspita Sari (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Swasta Amir Hamzah Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3163321007 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM 3163321007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
3. NIM 3163321007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM 3163321007 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5.NIM 3163321007 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM 3163321007 LIST FO FIGURES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 3163321007 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 3163321007 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 3163321007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
13. NIM 3163321007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
14. NIM 3163321007 REFREENCE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA. Pengambilan populasi dan sampel diambil dari seluruh siswa kelas X. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Dalam penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Mind Mapping, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian adalah Pretest Posttest Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Hasil uji normalitas dan uji homogenitas diperoleh populasi berdistribusi normal dan bersifat homogen. Hasil pengujian hipotesis dua sampel menggunakan uji-t diperoleh t_hitung (2,501) > t_(tabel )(1,703) pada signifikan 0,05. Rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 42,333 dan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol adalah 32,500. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi, hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Swasta Amir Hamzah Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-SJRH-013 |
Keywords: | Mind Mapping; Hasil Belajar; Sejarah |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 03:04 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46599 |