Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Swasta Amir Hamzah Medan

Rambe, Ema Puspita Sari (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Swasta Amir Hamzah Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3163321007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3163321007 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 3163321007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 3163321007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 3163321007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 3163321007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 3163321007 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf]
Preview
Text
4. NIM 3163321007 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 3163321007 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5.NIM 3163321007 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 3163321007 LIST FO FIGURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 3163321007 LIST FO FIGURES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 3163321007 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 3163321007 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 3163321007 LIST OF APPENDIX.pdf]
Preview
Text
8. NIM 3163321007 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 3163321007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 3163321007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 3163321007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 3163321007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 3163321007 REFREENCE.pdf]
Preview
Text
14. NIM 3163321007 REFREENCE.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA. Pengambilan populasi dan sampel diambil dari seluruh siswa kelas X. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Dalam penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Mind Mapping, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian adalah Pretest Posttest Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Hasil uji normalitas dan uji homogenitas diperoleh populasi berdistribusi normal dan bersifat homogen. Hasil pengujian hipotesis dua sampel menggunakan uji-t diperoleh t_hitung (2,501) > t_(tabel )(1,703) pada signifikan 0,05. Rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 42,333 dan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol adalah 32,500. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi, hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Swasta Amir Hamzah Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-SJRH-013
Keywords: Mind Mapping; Hasil Belajar; Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Jul 2022 03:04
Last Modified: 22 Jul 2022 03:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46599

Actions (login required)

View Item
View Item