Yesica (2021) PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MENINGKATKAN HOTS SMP SWASTA SANTA MARIA KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163311072 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM. 4163311072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
3. NIM. 4163311072 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM. 4163311072 PREFACE.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5. NIM. 4163311072 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM. 4163311072 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
13. NIM. 4163311072 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
14. NIM. 4163311072 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana validitas buku digital berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi statistika. (2) mengetahui bagaimana praktisitas buku digital berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) statistika. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa kelas VIII SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe dengan instrumen penelitian yang berupa lembar validasi RPP, lembar validasi materi dan media buku digital, serta angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku digital berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi statistika yang dikembangkan adalah: (1) Peragkat pembelajaran berbasis pendekatan PMRI dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator dengan rata-rata validitas RPP adalah 3,23 dengan kategori sangat layak dan rata-rata validitas buku digital adalah 3,19 untuk materi dan 3,17 untuk media dengan kategori sangat layak; (2) Buku digital berbasis pendekatan PMRI yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan melalui: a) hasil angket respon siswa terhadap buku digital rata-rata 3,24 dengan kategori sangat layak; b) hasil angket respon siswa terhadap buku digital rata-rata 3,29 dengan kategori sangat layak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 179 |
Keywords: | Bahan ajar; Buku digital; Statistik; Matematika realistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 08:23 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46535 |