Sihombing, Devi Friska Romauli (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE TEAM PRODUCT (TP TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI ARANSEMEN LAGU DAERAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUMBUL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2112142003 COVER.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
2. NIM. 2112142003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
3. NIM. 2112142003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 2112142003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
5. NIM. 2112142003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 2112142003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM. 2112142003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM. 2112142003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM. 2112142003 BAB I.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
13. NIM. 2112142003 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
14. NIM. 2112142003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Product (TP) terhadap hasil belajar pada materi aransemen lagu daerah siswa kelas x SMA Negeri 1 Sumbul.
Penelitian ini berdasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan model pembelajaran Cooperative Type Team Product (TP), hasil belajar, dan aransemen lagu daerah.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Jenis penelitian ini adalah True Experimental Design dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumbul yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas X-7 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk esay tes berjumlah 10 butir soal yang telah dinyatakan valid untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yang telah diujikan di SMA Negeri 5 Medan.
Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Team Product (TP) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional (langsung). Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 65,6 dan kelas kontrol 46,21. Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh thitung > ttabel maka Ha diterima, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Team Product (TP) terhadap hasil belajar siswa pada materi aransemen lagu daerah siswa kelas x SMA Negeri 1 Sumbul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSK 029 |
Keywords: | Model Pembelajaran Cooperative Type Team Product (TP): Aransemen Lagu Daerah |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 02:49 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4648 |