PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE TEAM PRODUCT (TP TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI ARANSEMEN LAGU DAERAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUMBUL

Sihombing, Devi Friska Romauli (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE TEAM PRODUCT (TP TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI ARANSEMEN LAGU DAERAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUMBUL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 2112142003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2112142003 COVER.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2112142003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2112142003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2112142003 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2112142003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2112142003 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2112142003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2112142003 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2112142003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2112142003 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2112142003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2112142003 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2112142003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2112142003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2112142003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 2112142003 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 2112142003 BAB I.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2112142003 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2112142003 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 2112142003 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 2112142003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Product (TP) terhadap hasil belajar pada materi aransemen lagu daerah siswa kelas x SMA Negeri 1 Sumbul.

Penelitian ini berdasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan model pembelajaran Cooperative Type Team Product (TP), hasil belajar, dan aransemen lagu daerah.

Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Jenis penelitian ini adalah True Experimental Design dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumbul yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas X-7 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk esay tes berjumlah 10 butir soal yang telah dinyatakan valid untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yang telah diujikan di SMA Negeri 5 Medan.

Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Team Product (TP) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional (langsung). Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 65,6 dan kelas kontrol 46,21. Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh thitung > ttabel maka Ha diterima, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Team Product (TP) terhadap hasil belajar siswa pada materi aransemen lagu daerah siswa kelas x SMA Negeri 1 Sumbul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MSK 029
Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Type Team Product (TP): Aransemen Lagu Daerah
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 26 Apr 2016 02:49
Last Modified: 26 Apr 2016 02:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4648

Actions (login required)

View Item
View Item