Yamin, Yenni (2022) Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SD Negeri 1 Rimo. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186182034 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
2. NIM. 8186182034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
3. NIM. 8186182034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
4. NIM. 8186182034 ACKNOWLEDGEMET.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
5. NIM. 8186182034 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
6. NIM. 8186182034 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
7. NIM. 8186182034 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
8. NIM. 8186182034 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
9. NM. 8186182034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (995kB) | Preview
13. NM. 8186182034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
14. NM. 8186182034 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kelayakan, dan keefektifan dari LKPD Matematika berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (reseach & development). Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian 4D Thiagarajan. Subjek penelitian dilakukan kepada guru kelas IV dan 27 peserta didik kelas IV, serta tiga orang ahli validator. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh skor rata-rata 87,96%, kemudian validasi ahli desain pembelajaran diperoleh skor rata-rata 95,31%, dan validasi ahli bahasa diperoleh skor rata-rata 93,75%. Jika dilihat dari jumlah ketiga validator ahli diperoleh skor rata-rata 92,34% dengan kategori LKPD sangat valid dan layak digunakan. Sedangkan hasil angket respon peserta didik berdasarkan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan diperoleh jumlah skor rata-rata 94,95% dengan kategori sangat baik. Untuk mengetahui peningkatan pemecahan masalah matematis peserta didik, peneliti memberikan soal pre-test dan post-test. Dari hasil pre-test dan post-test dapat diketahui adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hasil pre-test peserta didik diperoleh rata-rata 54,28% dan hasil post-test diperoleh rata-rata 73,33%. Berdasarkan kriteria penilaian n-gain score, efektivitas LKPD Matematika berbasis pendekatan saintifik memperoleh nilai 0,41 rentang skor 0,3≤g<0,7 digolongkan dalam kriteria sedang. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD Matematika berbasis pendekatan saintifik efektiv meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Yam p |
Keywords: | LKPD Matematika, pendekatan saintifik, pemecahan masalah matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 05:15 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 05:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46477 |