Lumban Gaol, Hardyanto (2022) Pengembangan Sumber Belajar Inovatif Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pengajaran Kimia Analitik. Masters thesis, UNIMED.
1. 8206141008 COVER.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
2. 8206141008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
3. 8206141008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
4. 8206141008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
5. 8206141008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
6. 8206141008 TABLES.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
7. 8206141008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
8. 8206141008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
9. 8206141008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
13. 8206141008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
14. 8206141008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Kemampuan berpikir tingkat tinggi dibutuhkan mahasiswa pada pembelajaran saat ini karena berkaitan dengan kreativitas dan berpikir untuk menghubungkan antara teori dan aplikasi dalam memecahkan masalah ilmiah.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan sumber belajar inovatif berbasis proyek dengan multimedia untuk membangun keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pengajaran Analisis Kation sekaligus meningkatkan hasil belajar Kimia Analitik. Penelitian dalam pengembangannya menggunakan model ADDIE yang dilakukan di Universitas Negeri Medan dengan melibatkan 60 mahasiswa yang dikelompokkan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini meliputi analisis kebutuhan, tahapan pengembangan sumber belajar berbasis proyek yang inovatif dengan multimedia, standarisasi dan penerapannya dalam pengajaran Kimia Analitik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil analisis kebutuhan didapatkan bahwa sumber belajar buku teks pegangan mahasiwa kurang dapat memotivasi mahasiswa untuk belajar mandiri, 2) Inovasi sumber belajar memiliki bahan ajar,video pembelajaran, paket proyek, dan soal latihan yang dikemas dalam sebuah software yaitu kvisoft flipbook maker, 3) Hasil rata-rata kelayakan sumber belajar yang telah diinovasi sebesar 3,70 dengan kategori valid dan tidak perlu direvisi, 4) Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan sumber belajar berbasis proyek sumber lebih tinggi dibandingkan buku teks pegangan mahasiswa, 5) Kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa dengan menggunakan sumber belajar inovatif lebih tinggi dibandingkan buku teks pegangan mahasiswa, 6) Respon positif yang diberikan mahasiwa terhadap penggunaan sumber belajar berbasis proyek dengan hasil rata-rata yang diperoleh sebesar 4,34. Jadi dapat disimpulkan bahwa sumber belajar berbasis proyek mempunyai pengaruh signifikan terhadap peningkatan kualitas proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran dan materi akan diingat lebih lama oleh mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 543.17 Lum p |
Keywords: | sumber belajar inovatif; pembelajaran berbasis proyek; multimedia; kemampuan berpikir tingkat tinggi; analisis kation |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 04:42 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46470 |