Solin, Arliana Arfani (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Scaffolding Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Sma Negeri 1 Salak Kabupaten Pakpak Bharat Tp 2021/2022. Masters thesis, UNIMED.
1. 8186166014 COVER.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
2. 8186166014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
3. 8186166014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
4. 8186166014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
5. 8186166014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
6. 8186166014 TABLES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
7. 8186166014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
8. 8186166014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
9. 8186166014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
13. 8186166014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
14. 8186166014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memodifikasi dan mengembangkan sintaks model pembelajaran Discovery Learning berbasis Scaffolding pada siswa kelas X IIS SMAN 1 Salak Kabupaten Pakpak Bharat yang dapat menunjang pembelajaran dan membantu guru dalam menyampaikan materi dalam proses pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Salak Pakpak Bharat. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IIS1. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran Discovery Learning berbasis Scaffolding yang dikembangkan memenuhi syarat kelayakan (valid) untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS1. Produk yang dikembangkan; berdasarkan penilaian aspek materi; ahli desain pembelajaran yang dilakukan oleh ahli dan hasil tanggapan siswa dengan persentase 85% dalam kategori “sangat layak” dan hasil belajar siswa menggunakan Discovery Learning berbasis Scaffolding model pembelajaran yang dikembangkan mengalami perubahan yang semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 330.72 Sol p |
Keywords: | model pembelajaran discovery learning; scaffolding; hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 01:29 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 01:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46454 |