Elviana (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4171111017 COVER.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
2. NIM 4171111017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
3. NIM 4171111017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM 4171111017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
5. NIM 4171111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
9. NIM 4171111017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
13. NIM 4171111017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
14. NIM 4171111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas tentang analisis kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model problem based learning yang dianalisis pada beberapa jurnal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah komunikasi matematis dengan menggunakan model problem based learning, serta melihat kelebihan dan kekurangan dari model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kepustakaan (library research). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa Model problem based learning berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan besar rata-rata pengaruh 0,900706 dengan kategori efek besar. Adanya kesulitan siswa dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dengan model problem based learning yaitu akibat interaksi sosial didalam kelompok. Proses diskusi, tanya jawab dan penyampaian ide-ide dalam proses pembelajaran cenderung hanya dilakukan antar siswa yang berkemampuan tinggi dan sedang, dan terkadang siswa yang berkemampuan rendah tidak berusaha mengejar ketertinggalan mereka sehingga kemampuan komunikasi mereka tidak terasah. Kelebihan dari model problem based learning mengembangkan hubungan interpersonal dalam bekerja sama dalam kelompok sehingga interaksi dan kemampuan komunikasi siswa terus meningkat, siswa terlatih untuk menyampaikan ide atau gagasannya selama proses pembelajaran. Kemudian kekurangan model problem based learning, dalam proses pembelajaran masih ada siswa yang kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat maupun idenya dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 186 |
Keywords: | Komunikasi matematis; Problem based learning; Effect size; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 08:31 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46325 |