Munthe, Desy Arnida (2021) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN ANALISIS KESALAHAN NEWMAN PADA SISWA MTS MUALLIMIN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4172111005 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 4172111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
3. NIM 4172111005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4. NIM 4172111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
5. NIM 4172111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM 4172111005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
13. NIM 4172111005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM 4172111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Aritmatika sosial berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. 2) faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Aritmatika sosial berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. 3) alternatif solusi yang dihasilkan dari hasil tes terkait kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B Mts Muallimin Medan. Subjek yang dikenai wawancara terdiri dari empat siswa. Data diperoleh dari hasil tes uraian soal cerita dan wawancara. Objek dalam penelitian ini adalah kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial berdasarkan analisis kesalahan newman. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa : 1) Jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika social berdasarkan analisis kesalahan newman pada kelompok tinggi dan sedang cenderung melakukan kesalahan penulisan jawaban dan keterampilan proses dengan persentase 67,74% dan 77,41%, kelompok rendah cenderung melakukan kesalahan memahami masalah dan transformasi dengan persentase 61,29% dan 77,41%. 2) factor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika social berdasarkan analisis kesalahan newman pada kelompok tinggi dan sedang adalah kurangnya subjek penelitan dalam latihan soal yang bervariasi sehingga kesulitan dengan soal yang sedikit berbeda, tidak terbiasa menuliskan kesimpulan, serta terburu-buru dalam menyelesaikan soal dan penyebab kesalahan untuk kelompok rendah adalah tidak membaca soal dengan seksama, tidak memahami arti keseluruhan soal dengan baik dan kurangnya pemahaman materi sehingga menyebabkan lupa rumus. 3) alternatif solusi yang dihasilkan dari hasil tes terkait kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Aritmatika sosial berdasarkan Analisis Kesalahan Newman yaitu dengan menggunakan lembar kerja peserta didik dengan langkah-langkah tahapan newman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 188 |
Keywords: | Analisis kesulitan; Soal cerita; Aritmatika sosial; Analisis kesalahan newman |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 03:47 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46317 |