Khiyaruddin (2015) PENERAPAN MODEL PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS V SD NEGERI NGKERAN T.P 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136181013 Cover.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. 8136181013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
3. 8136181013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. 8136181013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
5. 8136181013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
6. 8136181013 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. 8136181013 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
8. 8136181013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. 8136181013 Bab I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
10. 8136181013 Bab V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
11. 8136181013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan model pembelajaran PAIKEM dapat meningkatan motivasi belajar siswa melalui, (2) penerapan model PAIKEM dapat meningkatan aktivitas siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SD Negeri Ngkeran T.P 2014/2015. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terjadi selama dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD negeri Ngkeran yang berjumlah 34 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan terhadap aktivitas guru dan siswa serta angket motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif dengan menentukan persentase skor rata-rata aktivitas guru, aktivitas siswa, skor rata-rata motivasi belajar siswa dan kemudian menentukan kriteria keberhasilannya. Berdasarkan analisis data diperoleh temuan data hasil penelitian : (1) Terjadi peningkatan pada aktivitas guru. Hal ini dapat dilihat pada siklus I pertemuan 1,2, dan 3 masing-masing sebesar 48,86%; 49,43%; dan 72,16% dengan kategori sedang. Pada siklus II pertemuan 1,2 dan 3 sebesar 81,82%; 88,07%, dan 93,18% dengan kategori baik. (2) Terjadi peningkatan pada motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada siklus I sebesar 69,88% pada kategori baik dengan rata-rata 3,42 kategori termotivasi. Pada siklus II sebesar 87,54% kategori sangat baik dengan rata-rata 4,38 kategori sangat termotivasi. (3) Terjadi peningkatan pada aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat pada siklus I pertemuan 1, 2 dan 3 sebesar 50,32%; 64,02%; dan 73,62%. Pada siklus II pertemuan 1, 2 dan 3 sebesar 80,93%; 85,34%; dan 89,25% dengan kategori baik. Melalui hasil ini maka dapat disimpulkan bahwa model PAIKEM dapat meningkatkan motivasi belajar serta aktivitas siswa pada pembelajaran PKn di kelas V SD Negeri Ngkeran T.P. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Khi p |
Keywords: | model pembelajaran, PAIKEM, motivasi belajar, Aktivitas siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 25 May 2016 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4624 |