NURHAFIFA (2021) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK RATIONAL EMOTIVE THERAPY TERHADAP KECEMASAN AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS VII-1 SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1173151034 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 1173151034 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (641kB) | Preview
3. NIM 1173151034 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM 1173151034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM 1173151034 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. NIM 1173151034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7. NIM 1173151034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 1173151034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 1173151034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
10. NIM 1173151034 BAB I.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
14. NIM 1173151034 BAB V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
15. NIM 1173151034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teknik rational emotive therapy terhadap kecemasan akademik dalam pembelajaran daring pada siswa kelas VII-1 SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pretest-posttest group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas VII-1 yang memiliki skor kecemasan akademik yang tinggi. Data penelitian dikumpulkan dengan angket kecemasan akademik siswa dalam pembelajaran daring berjumlah 37 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Angket diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok teknik rational emotive therapy terhadap kecemasan akademik siswa dalam pembelajaran daring. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 121 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 73. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 4 sedangkan Jtabel = 0. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n=6, α=0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung>Jtabel dimana 4>0, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakukan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis diterima. Hal ini menujukkan ada pengaruh konseling kelompok teknik rational emotive therapy terhadap kecemasan akademik dalam pembelajaran daring pada siswa kelas VII-1 SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konseling Kelompok Teknik Rational Emotive Therapy, Kecemasan Akademik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 08:01 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46214 |