LESTARI, AYU (2021) PENGARUH KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK RELAKSASI TERHADAP BURNOUT BELAJAR SISWA SMP AMANAH KWALA BEGUMIT TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161151010_COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 1161151010_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (708kB) | Preview
3. NIM. 1161151010_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
4. NIM. 1161151010_PREFACE.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
5. NIM. 1161151010_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
6. NIM. 1161151010_TABLES.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
7. NIM. 1161151010_ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM. 1161151010_APPENDICES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
9. NIM. 1161151010_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
13. NIM. 1161151010_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
14. NIM. 1161151010_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Positif Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Relaksasi terhadap Burnout Belajar Siswa di SMP Amanah Kwala Begumit Tahun Ajaran 2020/2021. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada Pengaruh Positif Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Relaksasi terhadap Burnout Belajar Siswa di SMP Amanah Kwala Begumit Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi experiment dengan desain pre-test and post-test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 siswa kelas VIII-1 yang memiliki perilaku burnout belajar dengan kategori tinggi. Instrumen yang digunakan adalah angket burnout belajar. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling kelompok menggunakan teknik relaksasi. Data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh positif konseling kelompok menggunakan teknik relaksasi terhadap burnout belajar siswa. Dengan demikian, diperoleh hasil perhitungan dengan skor pre-test pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 93,86 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 52,2. Data hasil analisis uji wilcoxon diperoleh nilai Jhitung = 10, nilai kritis J uji Wilcoxon untuk N = 8, α = 0,05 diperoleh nilai Jtabel = 4. Berdasarkan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel di mana 10 > 4. Dari perhitungan ini dapat diketahui bahwa hipotesis yang berbunyi Ada Pengaruh Positif Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Relaksasi terhadap Burnout Belajar Siswa di SMP Amanah Kwala Begumit Tahun Ajaran 2020/2021 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konseling Kelompok, Teknik Relaksasi, Burnout Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 02:33 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46195 |