SYAHRA, ALFI (2021) PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK TERAPI PERILAKU KOGNITIF TERHADAP PENINGKATAN HOTS SISWA/I KELAS XI-IPA DI MAS YASPEND MUSLIM TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163151001. COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 1163151001. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
3. NIM. 1163151001. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 1163151001. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM. 1163151001. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
6. NIM. 1163151001. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. NIM. 1163151001. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 1163151001. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 1163151001. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
10. NIM. 1163151001. BAB I PENDAHLUAN.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
14. NIM. 1163151001. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
15. NIM. 1163151001. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan Klasikal Teknik Terapi Perilaku Kognitif Terhadap PeningkatanHOTS Siswa/I Kelas XI-IPA Di MAS Yaspend Muslim Tahun Ajaran 2020/2021. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :Apakah ada Pengaruh Bimbingan Klasikal Teknik Terapi Perilaku Kognitif Terhadap PeningkatanHOTS Siswa/I Kelas XI-IPA Di MAS Yaspend Muslim Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalahPre-expetimental designdengan jenis Pre test-post test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 38 orang siswa kelas XI-IPA yang memiliki HOTS diantaranya 15 siswa yang memiliki kategori HOTS Sedang dan 23 siswa yang memiliki kategori HOTS yang rendah. Instrumen yang digunakan adalah skala HOTS. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan klasikal. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian bimbingan klasikal teknik terapi perilaku kognitif terhadap peningkatan HOTS siswa/i. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 80 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 131. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung= 364 sedangkan Jtabel =235. Dari table nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n=38 α= 0,05 sesuai dengan criteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel yaitu Jhitung>Jtabel di mana 364 >235, dari perhitungan ini dapat dilihat bahwa artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian Bimbingan Klasikal Teknik Terapi Perilaku Kognitif Terhadap PeningkatanHOTS Siswa/iKelas XI-IPA di MAS Yaspend Muslim Tahun Ajaran 2020/2021dapatditerima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan Klasikal Teknik Terapi Perilaku Kognitif, HOTS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 02:28 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46193 |