Asnawi (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP NEGERI 2 TAKENGON. Masters thesis, UNIMED.
1. 809715002 Cover.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. 809715002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
3. 809715002 Abstrak.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
4. 809715002 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. 809715002 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. 809715002 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
7. 809715002 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. 809715002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. 809715002 Bab I.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
10. 809715002 Bab V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
11. 809715002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuanpemahaman konsep siswa yang diajarkan melalui pembelajaran berbasis masalah(PBM) lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan melalui pembelajaran biasa;2). Untuk megetahui apakah peningkatan disposisi matematis siswa yangdiajarkan melalui pembelajaran berbasis masalah (PBM) lebih tinggi dari padasiswa yang diajarkan melalui pembelajaran biasa; 3). Untuk mengetahui apakahterdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswaterhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; 4). Untukmengetahui apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awalmatematika siswa terhadap peningkatan disposisi matematis; 5). Untukmengetahui bagaimana proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikanmasalah pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitiankuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2Takengon. Sampel eksperimen berjumlah 30 orang dan sampel kontrol berjumlah30 orang siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuanpemahaman konsep dengan materi prisma dan limas (2) angket skala disposisi.Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistikdeskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Analisis statistik data dilakukandengan analisis uji-t dan anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yangmemperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada kemampuanpemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.(2). Peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaranberbasis masalah lebih baik daripada disposisi matematis siswa yang memperolehpembelajaran biasa; (3). Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengankemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuanpemahaman konsep matematis siswa; (4). Tidak terdapat interaksi antarapembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatandisposisi matematis; (5). Proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikanmasalah pada pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada pembelajaranbiasa. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar pembelajaranberbasis masalah dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untukmeningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi siswa sebagai salahsatu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovat
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 51.071 2 Asn p |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemahaman Konsep,Disposisi Matematis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 25 May 2016 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4617 |