Atmaja, Selly Prastia (2021) PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 3 TANJUNG BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173311090 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 4173311090 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
3. NIM 4173311090 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4. NIM 4173311090 PREFACE.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
5. NIM 4173311090 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
9. NIM 4173311090 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
13. NIM 4173311090 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
14. NIM 4173311090 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran inkuri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 3 Tanjung Beringin. Penelitian ini didesain dengan Quasi Eksperimen . Desain yang digunakan adalah the pretest – posttest control group design. Kelas A diberi perlakuan inkuiri terbimbing dan kelas B diberi perlakuan inkuiri bebas termodifikasi, masing – masing kelas diberi pretest sebelum perlakuan dan diberi posttest setelah diberi perlakuan dengan menggunakan materi Bentuk Aljabar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata – rata kelas inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada kelas inkuiri bebas termodifikasi yaitu sebesar 85,60 sedangkan nilai rata – rata nilai inkuiri bebas termodifikasi sebesar 78,87 Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 3 Tanjung Beringin. Dan disarankan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 013 |
Keywords: | Inkuiri terbimbing; Inkuiri bebas termodifikasi; Penalaran matematis; Aljabar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 02:29 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46166 |