PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF MELALUI MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA SISWA SMA NEGERI 1 LIMA PULUH

Pangaribuan, Santo (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF MELALUI MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA SISWA SMA NEGERI 1 LIMA PULUH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4172111015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4172111015 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4172111015 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4172111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4172111015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4172111015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4172111015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4172111015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4172111015 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4172111015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4172111015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4172111015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4172111015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4172111015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4172111015 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4172111015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika interatif melalui macromedia flash yang valid, praktis dan efektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and develompment (R&D). Model pengembangan media ini pernah dikembangkan terutama berdasarkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Ada pun subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Lima Puluh yang berjumlah 18 orang.
Berdasarkan hasil uji yang dilakukan, diperoleh statistik dari validasi ahli materi dengan persentase rata-rata skor 94,07% berada pada kategori sangat valid, sedangkan hasil validasi media dengan persentase rata-rata skor 94,53% berada pada kategori sangat valid. Kepraktisan dilihat hasil persentase angket respon guru dengan persentase rata-rata 92,66%dan respon siswa dengan persentase rata-rata 57,9 %, sehingga secara keseluruhan media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti berada pada kategori sangat praktis. Keefektifan media pembelajaran matematika interaktif melalui macromedia flash dinyatakan efektif meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Lima Puluh dengan skor N-Gain dengan rata-rata sebesar 62,24.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 003
Keywords: Macromedia flash; Representasi matematis; Media interaktif; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:46
Last Modified: 15 Jun 2022 04:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46157

Actions (login required)

View Item
View Item