Siregar, Rudi (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILL MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII SMPSWASTA MADANI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4173311085 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2 NIM 4173311085 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
3 NIM 4173311085 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
4 NIM 4173311085 PREEFACE.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
5 NIM 4173311085 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (560kB) | Preview
9 NIM 4173311085 BAB I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
13 NIM 4173311085 BAB V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
14 NIM 4173311085 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Masalah berupa sulitnya siswa memahami materi matematika seperti soal berbentuk HOTS yang diambil dari materi sistem persamaan linier dua variabel, mengakibatkan siswa melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika tipe HOTS materi sistem persamaan linier dua variabel. (2) menganalisis penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika tipe HOTS materi sistem persamaan linier dua variabel.
Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-1 SMP Swasta Madani dengan materi sistem persamaan linier dua variabel, akan tetapi dalam penelitian ini 12 subjek dipilih dan dijadikan sebagai subjek wawancara. Subjek terbagi atas kategori kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan kemampuan rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu metode tes, wawancara dan dokumentasi. Metode tes yang digunakan pada penelitian ini adalah tes uraian sebanyak tiga soal bertipe HOTS. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.
Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan teori kesalahan Newman dengan tahapan kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar persentase kesalahan membaca sebesar 59,02% dan dikategorikan sedang, besar kesalahan memahami sebesar 62,40 % dan dikategorikan sedang, besar kesalahan transformasi sebesar 57,83% dan dikategorikan sedang, besar kesalahan keterampilan proses sebesar 58,33% dan dikategorikan sedang, besar kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 58,82% dan dikategorikan sedang. Jenis kesalahan terbesar yang dilakukan siswa ketika menyelesaikan soal cerita HOTS materi sistem persamaan linier dua variabel yaitu siswa menghilangkan kata tertentu serta siswa tidak menjawab dengan lengkap sedangkan faktor terbesar yang menyebabkan terjadinya kesalahan yaitu rendahnya kemampuan siswa memahami soal, rendahnya kemampuan siswa dalam menafsirkan masalah matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 063 |
Keywords: | Soal cerita; Analisis kesalahan; Kemampuan berpikir; Sistem persamaan linear dua variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 04:31 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46156 |