PANDIANGAN, LIA RATNA SARI (2021) PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA YPK MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 7171143017 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. 7171143017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
3. 7171143017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4. 7171143017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. 7171143017 TABLES.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
7. 7171143017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. 7171143017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
9. 7171143017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
13. 7171143017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
14. 7171143017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta YPK Medan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa Kelas XI IPS SMA Swasta YPK Medan.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta YPK Medan, yang beralamat di Jalan Sakti Lubis Gg Pegawai No.8 Siti Rejo Kecamatan Medan Kota.Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Swasta YPK Medan, yang terdiri dari 2 kelas sebanyak 52 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yang digunakan adalah tekhnik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitianregresi linier berganda pada uji hipotesis secara parsial (Uji t) variabel Manajemen Waktu (X1) memperoleh nilai thitung>ttabel sebesar (2,273>2,00958) dengan taraf signifikan (0,027<0,05) dengan demikian H1 diterima dimana variabel Manajemen Waktu (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar ekonomi siswa Kelas XI IPS SMA Swasta YPK Medan dan pada uji hipotesis secara parsial (Uji t) variabel Kreativitas Belajar (X2) memperoleh nilai thitung>ttabel sebesar (4,317 > 2,00958), dengan nilai signifikan (0,000<0,05), hal ini H1 diterima dimana variabel Kreativitas Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar ekonomi siswa Kelas XI IPS SMA Swasta YPK Medan. Nilai Fhitung adalah15,790 dengan nilai signifikansisebesar 0.000.Sedangkan nilai Ftabel sebesar 3.18. Bahwa Fhitung>Ftabel (15,790> 3,18) dan nilai signifikansi (0.000<0.05). Koefisien determinasi (R2) bernilai sebesar0,392atau dengan kata lain nilai koefisien determinasinya adalah 39,2%. Penelitian ini perubahan prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh Manajemen Waktu, Kreativitas Belajar sebesar 39,2%. Hasil penelitian ini sesuai dengan sumber Mulyani (2013:42) yang menyatakan bahwa manajemen waktu adalah menggunakan dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, seoptimal mungkin melalui perencanaan kegiatan yang terorganisir dan matang.Kesimpulan dari penelitian ini adalah manajemen waktu dan kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar ekonomi siswa.Untuk itu perlu adanya perhatian untuk memaksimalkan manajemen waktu dan kreativitas belajar terkait dengan prestasi belajar ekonomi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Manajemen Waktu, Kreativitas Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 03:58 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46153 |