Siburian, Liston Haposan (2015) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KULTUR JARINGAN BERBASIS LITERASI SAINS. Masters thesis, UNIMED.
1. 816173009 Cover.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. 816173009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (849kB) | Preview
3. 816173009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. 816173009 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
5. 816173009 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. 816173009 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
7. 816173009 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
8. 816173009 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
9. 816173009 Bab I.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
10. 816173009 Bab V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
11. 816173009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengembangkan buku ajar Kultur Jaringan Berbasis Literasi Sains; (2) Mengetahui hasil validasi ahli materi dan ahli desain terhadap buku ajar yang telah dikembangkan; (3) Mengetahui tanggapan Dosen mata kuliah Kultur Jaringan terhadap buku ajar yang telah dikembangkan; (4) Mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap buku ajar Kultur Jaringan yang telah dikembangkan; (5) Mengetahui kelayakan buku ajar Kultur Jaringan berbasis literasi sains untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan; dan (6) Mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan buku ajar Kultur Jaringan berbasis literasi sains dengan yang diajarkan dengan buku teks. Bahan ajar berupa buku akan menjadi pedoman mahasiswa dalam belajar kultur jaringan. Penelitian ini dilakukan di Program Strata Satu (S1) Universitas Negeri Medan pada bulan Januari- Mei 2014, dengan teknik analisis data deskriptif. Pengembangan buku ajar dilaksanakan dengan model pengembangan Thiagarajan (4-D) yang telah dimodifikasi yang terdiri dari 3 tahap yaitu pendefinisian yang meliputi: analisis awal akhir, analisis mahasiswa, analisis materi, analisis tugas, dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Tahap dua perancangan meliputi: pemilihan media, pemilihan format, perencanaan awal dan terakhir adalah pengembangan yang meliputi penilaian dosen, validasi, uji terbatas, dan perangkat final. Produk yang dihasilkan merupakan buku ajar yang digunakan mahasiswa semester VII S1 Pendidikan Biologi Unimed. Bahan ajar yang diproses dari hasil penelitian disusun menjadi sebuah buku Kultur Jaringan Berbasis Literasi Sains yang dinilai layak oleh tim validasi, sesuai dan menarik. Hasil penilaian tim ahli materi menunjukkan 96,3%; (kategori sangat layak), ahli rancangan pembelajaran 92% (kategori sangat layak), uji kelompok terbatas oleh dosen sebesar 83% (kategori sangat baik). Sebanyak 40 mahasiswa S1 semester VII Pendidikan Biologi Unimed menilai sebesar 93,3% (kategori sangat baik). Buku ajar kultur jaringan berbasis literasi sains yang digunakan oleh mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Unimed adalah sangat efektif digunakan di kelas eksperimen, dengan rata-rata 83,45 dan persetase efektivitas 56,74%. Di kelas kontrol 78,00 dengan persentase efektivitas 55,71%. Maka dapat disimpulkan bahwa postes HA antara eksperimen dan kontrol berada pada posisi signifikan (t-hitung, 7,85 > t-tabel 1,68); postes LA antara eksperimen dan kontrol (t-hitung, 4,15 > t-tabel 1,68); postes HA antara eksperimen dan LA kontrol (t-hitung, 4,72 > t-tabel 1,68); postes LA antara eksperimen dan HA kontrol (t-hitung, 2,70 > t-tabel 1,68).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.207 12 Sib p |
Keywords: | Pengembangan Buku Ajar, Kultur Jaringan, Berbasis Literais Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 25 May 2016 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4613 |