PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA MATERI HUKUM NEWTON DI SMA

Yusliana (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA MATERI HUKUM NEWTON DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4171121039 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4171121039 COVER.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4171121039 LEMBAR PENGESAHANN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4171121039 LEMBAR PENGESAHANN.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4171121039 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4171121039 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4171121039 KATA PENGANTARR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4171121039 KATA PENGANTARR.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4171121039 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4171121039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4171121039 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4171121039 BAB I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4171121039 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4171121039 BAB V.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4171121039 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4171121039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes Pengetahuan Konseptual untuk mengetahui kelayakan tes pada materi Hukum Newton. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, dan Evaluation). Instrumen Penelitian yang digunakan ialah angket validasi, tes, dan angket tanggapan siswa. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Aek Kuo yang berjumlah 20 peserta didik pada uji skala terbatas dan 64 peserta didik pada uji skala luas. Dari analisis data, diperoleh sebanyak 14 soal valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,84. Tingkat kesukaran diperoleh sebanyak 6 soal mudah, dan 8 soal yang sedang. Daya pembeda diperoleh sebanyak 5 soal baik sekali, 8 soal baik, dan 1 soal cukup. Diperoleh sebanyak 13 butir soal memiliki efektivitas pengecoh sangat baik, 1 soal baik, serta tanggapan peserta didik terhadap instrumen tes yang dikembangkan sebesar 90,9% yang artinya instrumen yang dikembangkan sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 FIS 017
Keywords: Pengetahuan konseptual; Hukum newton; Instrumen tes; Multirepresentasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 09 Jun 2022 09:23
Last Modified: 09 Jun 2022 09:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46099

Actions (login required)

View Item
View Item