Kudadiri, Yuni C. (2021) DESAIN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI GERAK PARABOLA BERBANTUAN PhET SIMULATIONS DAN GOOGLE FORM DI SMA NEGERI 2 SIDIKALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173321062 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2. NIM 4173321062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
3. NIM 4173321062 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
4. NIM 4173321062 PREFACE.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
5. NIM 4173321062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
9. NIM 4173321062 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
13. NIM 4173321062 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
14. NIM 4173321062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lembar kegiatan peserta didik berbasis discovery learning pada materi gerak parabola berbantuan PhET Simulations dan google form di SMA Negeri 2 Sidikalang yang valid, praktis dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan sebutan Research and Development (R&D) dengan model 4D (define, design, develop, dissemination). Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas XI MIA 4 yang berjumlah 35 orang. Data penelitian diperoleh menggunakan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari desain Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis discovery learning yang dikembangkan. Pengembangan desain Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis discovery learning pada materi gerak parabola berbantuan PhET Simulations dan google form divalidkan oleh tiga dosen. Lembar respon peserta didik digunakan untuk mengukur kepraktisan dari desain Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis discovery learning pada materi gerak parabola berbantuan PhET Simulations dan google form, sedangkan lembar aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik digunakan untuk mengukur keefektifan dari desain Lembar Kegiatan Peserta Didik yang telah dibuat.
Dari hasil penelitian diperoleh hasil kevalidan 92%, 96%, dan 94% dengan kategori sangat valid, kemudian nilai praktis pada lembar respon peserta didik diperoleh nilai 89% pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dengan kategori praktis, untuk perolehan nilai keefektifan untuk lembar aktivitas siswa 81% pada kelompok kecil dan 97% pada kelompok besar dengan kategori sangat tinggi dan nilai tes hasil belajar menggunakan rumus n-gain yakni 0,69 pada kategori sedang dan untuk kategori efektivitas tes hasil belajar dari rumus n-gain diperoleh nilai 69 dengan kategori efektif. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa desain Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis discovery learning pada materi gerak parabola berbantuan PhET Simulations dan google form di SMA Negeri 2 Sidikalang telah dikatakan valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 002 |
Keywords: | Discovery learning; Google form; PhET simulations; Gerak parabola |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 09:05 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 09:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46098 |