PENGARUH PEMANFAATAN E-LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 7 MEDAN

PURBA, DEBORA (2021) PENGARUH PEMANFAATAN E-LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7171143008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7171143008 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM. 71771143008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM. 71771143008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7171143008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7171143008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7171143008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7171143008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7171143008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7171143008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7171143008 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7171143008 TABLES.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7171143008 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7171143008 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7171143008 DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7171143008 DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7171143008 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7171143008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 7171143008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 7171143008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (685kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7171143008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7171143008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 7171143008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 7171143008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pengelolaan bisnis ritel pada siswa kelas XI Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran dimana masih ditemukan siswa yang memiliki nilai hasil belajar dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan E-Learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa smk negeri 7 medan. Penelitian ini dilakukan di kelas Xl BDP 1 dan 2 SMK Negeri 7 Medan dengan populasi seluruh siswa kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran yang berjumlah 68 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan angket. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS Versi 23. Dari hasil analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa Pemanfaatan E-Learning dan Motivasi Belajar berpengaruh terhadap Hasil Belajar Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y= 7,864 + 0,833X1 + 0,323X2. Selanjutnya dari hasil penelitian, diperoleh Pemanfaatan E-Learning (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar(Y) yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 3,365 > ttabel 1,995 dengan taraf signifikan ɑ 0,001< 0,05. Motivasi Belajar (X2) terhadap Hasil Belajar (Y) dengan nilai thitung sebesar 2,099 > ttabel 1,995 dengan taraf signifikan ɑ 0,000 < 0,05. Secara simultan (Uji F) ditunjukkan dengan nilai hasil Fhitung sebesar 5,839 > Ftabel 3,13 taraf signifikan 0,005< 0,05, sehingga dapat dikatakan hipotesis diterima. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh R2 sebesar 0,533 artinya persentasi sumbangan variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 53,3% dan sisanya 46,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pemanfaatan E-Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:03
Last Modified: 19 Sep 2022 04:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46089

Actions (login required)

View Item
View Item