PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS DI KELAS X SMA SWASTA PENCAWAN MEDAN

Ginting, Sri Wahyuni (2021) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS DI KELAS X SMA SWASTA PENCAWAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4171121034 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4171121034 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4171121034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4171121034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4171121034 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4171121034 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4171121034 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4171121034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4171121034 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4171121034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4171121034 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4171121034 BAB I.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4171121034 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4171121034 BAB V.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4171121034 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4171121034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan modul fisika berbasis saintifik pada materi gerak lurus, untuk mengetahui tingkat kevalidan modul fisika berbasis saintifik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D tetapi tidak melakukan tahap penyebaran (disseminate). Cara yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kevalidan modul tersebut dengan melibatkan 2 orang dosen FMIPA sebagai validator ahli media dan validator ahli materi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat kelayakan modul dalam penelitian ini melibatkan respon siswa kelas X MIA 1 sebanyak 20 orang. Instrument yang digunakan ialah angket validasi ahli, angket respon guru pembelajaran, dan angket respon siswa. Hasil dari penelitian pengembangan modul fisika berbasis saintifik ini menyatakan bahwa modul fisika layak digunakan peserta didik sebagai salah satu bahan ajar pada saat proses pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis data angket validasi oleh ahli materi mendapatkan persentase 96% dengan kriteria sangat layak, validasi oleh ahli media mendapatkan persentase 71% dengan kriteria layak, validasi oleh guru pembelajaran mendapatkan persentase 89,4% dengan kriteria sangat layak, dan respon siswa memperoleh persentase 93,7% dengan kriteria sangat tertarik (layak). Jadi dari hasil data yang didapatkan, modul ini memenuhi ketiga kriteria yaitu valid menurut para ahli validasi, oleh guru pembelajaran, dan sangat tertarik menurut siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 FIS 007
Keywords: Modul; Pendekatan saintifik; Gerak lurus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 09 Jun 2022 05:38
Last Modified: 09 Jun 2022 05:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46086

Actions (login required)

View Item
View Item