SITANGGANG, ESTHER MEYLIN (2021) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN DITENGAH PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7173343009 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM. 7173343009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
3. NIM. 7173343009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
4. NIM. 7173343009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
5. NIM. 7173343009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
6. NIM. 7173343009 TABLES.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
7. NIM. 7173343009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
8. NIM. 7173343009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
9. NIM. 7173343009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (974kB) | Preview
13. NIM. 7173343009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
14. NIM. 7173343009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
Abstract
Problematika dalam penelitian ini adalah pada perbedaan sistem dan pola ajar saat ini dikarenakan Pandemi COVID-19, yang kemudian menyebabkan terjadinya pergeseran Fasilitas Belajar serta perubahan Motivasi Belajar yang berimbas pada Prestasi Belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan ditengah Pandemi COVID-19.
Penelitian ini dilaksanakan diUniversitas Negeri Medan dengan populasi yaitu seluruh Mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2018 yang terbagi atas 2 kelas dengan total 53 orang. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitin ini adalah Korelasional dengan teknik pengambilan sampel adalah Total Sampling. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah Angket dengan 25 item pernyataan menggunakan Skala Likert terhadap seluruh variabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda dengan uji asumsi klasik serta uji hipotesis yang terdiri dari uji t, uji f dan uji determinasi R^2 untuk membuktikan kebenaran hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian pada uji regresi linier berganda diperoleh nilai konstan sebesar 15,528 dengan persamaan Y = 15,528 + 0,346X_1 + 0,443X_2 + e dengan f_hitung > f_tabel yaitu sebesar 43,889 > 3,18. Selanjutnya pada variabel Fasilitas Belajar menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar, yang dibuktikan dengan t_hitung > t_taebl yaitu sebesar 3,372 > 1,675 dengan taraf signifikan 95% dan nilai α < 0,05 yaitu sebesar 0,001 < 0,05. Sama halnya variabel Motivasi Belajar juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar, yang dibuktikan dengan t_hitung > t_tabel yaitu sebesar 4,143 > 1,675 dengan taraf signifikan 95% dan nilai α < 0,05 yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian untuk besar kontribusi kedua variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 63,7%. Sedangkan sisa kontribusi yang sebesar 36,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3201 School architecture and equipment. School physical facilities. Campus planning |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 08:39 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46073 |