BR KARO, WIDA ANJELINA (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA KATOLIK KABANJAHE T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7172141007 COVER. pdf.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 717214107 APPROVAL SHEET. pdf.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
3. NIM. 7172141007 ABSTRACT. pdf.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
4. NIM. 7172141007 PREFACE. pdf.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
5. NIM. 7172141007 TABLE OF CONTENT. pdf.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM. 7172141007 TABLES. pdf.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. NIM. 7172141007 ILLUSTRATION. pdf.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 7172141007 APPENDICES. pdf.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
9. NIM. 7172141007 CHAPTER I. pdf.pdf - Published Version
Download (752kB) | Preview
13. NIM. 7172141007 CHAPTER V. pdf.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14. NIM. 7172141007 BIBLIOGRAPHY. pdf.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih belum maksimalnya hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di sekolah SMA Swasta Katolik Kabanjahe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Classroom terhadap Hasil Belajar, pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, serta pengaruh Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Classroom dan motivasi belajar Ekonomi Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Swasta Katolik 1 Kabanjahe T.A 2020/2021.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Katolik Kabanjahe yang beralamat di Jl. Irian, Kel. Lau Cimba, Kabanjahe, Kab. Karo, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 159. Sampel penelitian ini berjumlah 61 siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data terdiiri dari Observasi dan Angket, serta data hasil belajar diperoleh dari daftar nilai rata-rata ujian harian siswa. Uji validitas digunakan dengan teknik analisis Product moment dan realibilitas angket menggunakan rumus Croanbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji parsial/uji-t, uji simultan/uji-f, dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian dari olahan data menggunakan SPSS 22, diketahui bahwa: (1) pembelajaran e-learning berbasis google classroom berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar siswa dengan nilai thitung >ttabel yaitu (3.865>1,671) dengan nilai sig. 0,000 < 0,05; (2) motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung >ttabel yaitu (8,228>1,671) dengan nilai sig. 0,000<0,05; (3) serta secara simultan pembelajaran e-learning berbasis google classroom dan motivasi belajar ekonomi berpengaruh positifdan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel (107,561>3,16) dengan nilai signifikan α (0,000<0,05). Dari hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,788 yang artinya sebesar 78,8% Pembelajaran E-learning Berbasis Google Classroom (X1) dan Motivasi Belajar (X2) terhadap Hasil Belajar Siswa (Y) kelas XI IPS SMA Swasta Katolik Kabanjahe T.A 2020/2021. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 21,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Persamaan regresi linear berganda yang dihasilkan adalah Y = 39,526 + 0,147X1 + 0,383X2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-Learning, Google Classroom, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 04:04 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46071 |