MANIK, TIMOTY TUMPU (2021) PENGARUH EFIKASI DIRI, DISIPLIN BELAJAR, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR XI IPS SMA NEGERI 13 MEDAN MATA PELAJARAN EKONOMI T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 7153341044 cover.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
2. 7153341044 approval.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. 7153341044 prefic.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
4. 7153341044 abstrac.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
5. 7153341044 table of content.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
6. 7153341044 tables.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
7. 7153341044 illustrations.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
8. 7153341044 chapter i.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
12. 7153341044 chapter v.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. 7153341044 bibliography.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini bahwa beberapa siswa memiliki nilai di bawah KKM atau dikategorikan nilai tidak tuntas untuk mata pelajaran ekonomi, materipelajaran dan pengajar yang sama belum dapat menjamin nilai siswa tuntas atau memenuhi KKM, dan efikasi diri, disiplin belajar, dan fasilitas belajar yang belum optimal. Penelitian ini memiliki tujuan (1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar; (2)untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar; (3) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar; (4) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh efikasi diri, disiplin belajar, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efikasi Diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar, dengan nilai t-hitungsebesar 2.016> nilai t-tabel sebesar 1.986 atau nilai signifikansi sebesar 0.047<alpha (0.05).Disiplin Belajar berpengaruh negatif terhadap Prestasi Belajar, dengan nilai t-hitungsebesar -1.599 < nilai t-tabel sebesar 1.986 atau nilai signifikansi sebesar 0.113 >alpha (0.05).Fasilitas Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar, dengan nilai t-hitungsebesar 2.471> nilai t-tabel sebesar 1.986 atau nilai signifikansi sebesar 0.015<alpha (0.05).Efikasi Diri, Disiplin Belajar, dan Fasilitas Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar, dengan nilai F-hitungsebesar 4.095> nilai F-tabel sebesar 2.700 atau nilai signifikansi sebesar 0.009<alpha (0.05). Efikasi Diri, Disiplin Belajar, dan Fasilitas Belajar mempengaruhi Prestasi Belajar sebesar 34.3%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efikasi Diri, Disiplin Belajar, Fasilitas Belajar, dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 03:36 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46070 |