PENGARUH EFIKASI DIRI, DISIPLIN BELAJAR, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR XI IPS SMA NEGERI 13 MEDAN MATA PELAJARAN EKONOMI T.A 2019/2020

MANIK, TIMOTY TUMPU (2021) PENGARUH EFIKASI DIRI, DISIPLIN BELAJAR, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR XI IPS SMA NEGERI 13 MEDAN MATA PELAJARAN EKONOMI T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. 7153341044 cover.pdf]
Preview
Text
1. 7153341044 cover.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 2. 7153341044 approval.pdf]
Preview
Text
2. 7153341044 approval.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 3. 7153341044 prefic.pdf]
Preview
Text
3. 7153341044 prefic.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 4. 7153341044 abstrac.pdf]
Preview
Text
4. 7153341044 abstrac.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 5. 7153341044 table of content.pdf]
Preview
Text
5. 7153341044 table of content.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 6. 7153341044 tables.pdf]
Preview
Text
6. 7153341044 tables.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 7. 7153341044 illustrations.pdf]
Preview
Text
7. 7153341044 illustrations.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 8. 7153341044 chapter i.pdf]
Preview
Text
8. 7153341044 chapter i.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 12. 7153341044 chapter v.pdf]
Preview
Text
12. 7153341044 chapter v.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 13. 7153341044 bibliography.pdf]
Preview
Text
13. 7153341044 bibliography.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini bahwa beberapa siswa memiliki nilai di bawah KKM atau dikategorikan nilai tidak tuntas untuk mata pelajaran ekonomi, materipelajaran dan pengajar yang sama belum dapat menjamin nilai siswa tuntas atau memenuhi KKM, dan efikasi diri, disiplin belajar, dan fasilitas belajar yang belum optimal. Penelitian ini memiliki tujuan (1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar; (2)untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar; (3) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar; (4) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh efikasi diri, disiplin belajar, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efikasi Diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar, dengan nilai t-hitungsebesar 2.016> nilai t-tabel sebesar 1.986 atau nilai signifikansi sebesar 0.047<alpha (0.05).Disiplin Belajar berpengaruh negatif terhadap Prestasi Belajar, dengan nilai t-hitungsebesar -1.599 < nilai t-tabel sebesar 1.986 atau nilai signifikansi sebesar 0.113 >alpha (0.05).Fasilitas Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar, dengan nilai t-hitungsebesar 2.471> nilai t-tabel sebesar 1.986 atau nilai signifikansi sebesar 0.015<alpha (0.05).Efikasi Diri, Disiplin Belajar, dan Fasilitas Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar, dengan nilai F-hitungsebesar 4.095> nilai F-tabel sebesar 2.700 atau nilai signifikansi sebesar 0.009<alpha (0.05). Efikasi Diri, Disiplin Belajar, dan Fasilitas Belajar mempengaruhi Prestasi Belajar sebesar 34.3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Efikasi Diri, Disiplin Belajar, Fasilitas Belajar, dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 10 Jun 2022 03:36
Last Modified: 10 Jun 2022 03:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46070

Actions (login required)

View Item
View Item