SIRAIT, SUSANTI (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP BUILDER BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATA KULIAH PERPAJAKAN PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7173141934 COVER. pdf.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM. 7173141034 APROVAL SHEET. pdf.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
3. NIM. 7173141034 PREFACE. pdf.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM. 7173141034 ABSTRACT. pdf.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
5. NIM. 7173141034 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
6. NIM. 7173141034 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7. NIM. 7173141034 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. NIM. 7173141034 APPENDICES,pdf.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
9. NIM. 7173141034 CHAPTER I. pdf.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
13. NIM. 7173141034 CHAPTER V. pdf.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 7173141034 BIBLIOGRAPHY. pdf.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran e-modul belum banyak ditemukan di fakutas ekonomi sehingga membuat mahasiswa kesulitan dalam proses pembelajaran, buku yang berbobot besar dan lumayan mahal harganya, serta bersifat monoton dan informatif. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk; (1) Melakukan pengembangan e-modul menggunakan Flip Builder pada materi pph pasal 21 dan pph pasal 22, (2) Mengetahui penilaian validator terhadap e-modul menggunakan Flip Builder pada pph pasal 21 dan pph pasal 22, (3) Mengetahui pendapat peserta didik terhadap e-modul menggunakan Flip PDF Professional pada pph pasal 21 dan pph pasal 22 (4) mengetahui kemajuan dan kemampuan mahasiswa setelah melakukan pembelajaran pada materi pph pasal 21dan pph pasal 22. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi model pengembangan dari ADDIE Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk menguji kualitas kelayakan e-modul menggunakan Flip Builder pada materi pph pasal 21 dan pph pasal 22 dan angket respon penilaian guru serta peserta didik untuk menguji kepraktisan e-modul menggunakan Flip Builder pada materi pph pasal 21 dan pph pasal 22 serta hasil test prestest dan postest setelah melakukan pembelajaran menggunakan e-modul untuk menguji keefektifan e-modul menggunakan Flip Builder pada materi pph pasal 21 dan pph pasal 22. Jenis data yang diperoleh dari hasil penelitian adalah data kualitatif yang dianalisis menggunakan data kuantitatif berupa data angka dan diinterpretasikan dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian ini adalah; (1) e-modul menggunakan Flip PDF Builder pada materi pph pasal 21 dan pph pasal 22 yang telah dikembangkan dan dapat digunakan pada jenjang Mahasiswa sebagai media pembelajaran (2) e-modul menggunakan Flip PDF Builder pada materi pph pasal 21 dan pph pasal 22 produk akhir yang dihasilkan telah memenuhi kriteria sangat baik dengan skor rata-rata dari penilaian ahli materi 92,70% dan ahli media 90,43%, (3) Penilaian produk e-modul menggunakan Flip Buildr pada materi pph pasal 21 dan pph pasal 22 dengan persentase untuk uji respon pendidik 90,7% dengan kategori sangat praktis, untuk uji coba perorangan 92,62%, uji coba kelas kecil 90,77% (4) untuk analisis keefektifan e-modul dengan angket respon mahasiswa sebesar 92% dengan kategori sangat efektif dan hasil dari prestest-postest mendapatkan kemajuan belajar dari yang tidak mendapatkan nilai A menjadi meningkat sebanyak 14 orang mahasiswa ini menunjukkan e-modul yang di hasilkan efektif untuk digunakan. Media pembelajaran berupa e-modul menggunakan Flip Builder sudah sangat baik, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran perpajakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-Modul, Flip Builder , Poblem based learning |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 03:35 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46069 |