PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON DI SMA NEGERI 1 LAU BALENG TAHUN AJARAN 2021/2022

Ginting, Esrameisa (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON DI SMA NEGERI 1 LAU BALENG TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173121017 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173121017 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173121017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173121017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173121017 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173121017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173121017 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173121017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173121017 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173121017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173121017 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173121017 BAB I.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173121017 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173121017 BAB V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173121017 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173121017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes berbasis High Order Thiking Skill (HOTS) yang dapat mengukur keterampilan berfikir kritis siswa pada materi hukum newton yang layak digunakan sebagai evaluasi hasil pembelajaran pada siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Lau Baleng dengan jumlah sebanyak 32 orang. Jenis penelitian ini menggunakan model Penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dan menggunakan desain penelitian ADDIE. Angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil uji validasi ahli memiliki nilai CVR (Content Validity Rasio) nilai tertinggi yaitu 4 (sangat valid) dan nilai terendah yaitu 1 (tidak valid).Hasil validitas pada butir memiliki nilai r_(hitung ) tertinggi yaitu 0,713 (Valid) dan r_(hitung )memiliki nilai terendah yaitu 0,188 (tidak valid), hasil uji reliabilitas memiliki nilai 0,712 (Reliabilitas tinggi), hasil pada tingkat kesukaran memiliki nilai 0,62 (tingkat kesukaran sedang) dan nilai terendah 0,37 (tingkat kesukaran sedang), hasil daya beda soal memiliki daya beda tertinggi 0,42 (Baik) dan nilai terendah adalah 0,17 (Jelek). Berdasarkan keterangan tersebut , maka kesimpulan dari pengembangan instrumen tes berbasis High Order Thiking Skill (HOTS) dikelas XI pada materi Hukum Newton yang dikembangkan peneliti mendapatkan hasil yang layak digunakan adalah 9 soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 FIS 020
Keywords: Instrumen tes; Berpikir kritis; Hukum newton
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Jun 2022 07:31
Last Modified: 08 Jun 2022 07:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46051

Actions (login required)

View Item
View Item