Hutasoit, Dermawaty (2022) PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MATERI SUHU DAN KALOR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4172121004 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2.NIM 4172121004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
3. NIM 4172121004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4.NIM 4172121004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5.NIM 4172121004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9.NIM 4172121004 BAB I.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM 4172121004 BAB V.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
14.NIM 4172121004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari pembelajaran berbasis masalah menggunakan multirepresentasi terhadap keterampilan pemecahan masalah dan pemahaman konsep fisika pada materi suhu dan kalor di SMA Negeri 1 Pematang Raya. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan design two group pretest- posttest populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 180 siswa dan terdiri menjadi 5 kelas. Pengambilan sampel adalah dengan teknik cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran secara konvensional, dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran berbasis masalah menggunakan multirepresentasi. Instrumen yang digunakan adalah pilihan ganda untuk mengukur pemahaman konsep, dan uraian untuk mengukur pemecahan masalah. Instrumen soal pilihan ganda sebanyak 25 dan telah divalidasi dan soal uraian sebanyak 8 telah divalidasi. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest pemahaman konsep kelas kontrol 38,44 dan kelas eksperimen 42,78. Dan data pretes pemecahan masalah kelas kontrol 41,01 dan kelas eksperimen 41,72, kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata-rata postes kelas kontrol dan eksperimen pemahaman konsep yaitu 72,56 dan 81,78 sementara untuk pemecahan masalah yaitu 71,56, dan 80,52. Kedua memiliki data berdistribusi normal dam homogen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 021 |
Keywords: | Multirepresentasi; Suhu; Kalor; Pembelajaran berbasis masalah; Pemahaman konsep; Keterampilan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 05:13 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 05:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46044 |