SIREGAR, LASTIUR (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING MELALUI APLIKASI WHATSAPP MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 LAEPARIRA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM.7172141013 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2.NIM.7172141013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (661kB) | Preview
3.NIM.7172141013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4.NIM.7172141013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
5.NIM.7172141013 TABLE OF CONTEN.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
6.NIM.7172141013 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7.NIM.7172141013 TABLES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
8.NIM.7172141013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
9.NIM.7172141013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
13.NIM.7172141013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
14.NIM.7172141013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran E-Learing dimana dapat dilihat melalui cara siswa dal belajar dan nilai siswa yang relatif rendah membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Untuk meningkatkan minat belajar siswa khususnya dalam pembelajaran E-Learning dibutuhkan media yang pas dalam proses pembelajarannya sehingga peserta didik tetap memahami materi pembelajaran. Sehingga dalam penulisan ini penulis tertarik untu menggunakan media video dalam menarik perhatian siswa selama proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media video terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas XI Mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Laeparira khususnya dalam pembelajaran E-Learning.
Desain eksperimen yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS SMA Negeri 1 Laeparira yang berjumlah 64 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reabilitas instrumen. Metode Lilliefors untuk uji normalitas data, Levene’s Test untuk uji homogenitas dan Independent samples t test untuk uji homogenitas serta semua perhitungan diolah dengan SPSS Versi 25.
Berdasarkan uji hipotesis diperoleh data minat belajar siswa yang menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 1924 > 1669 dengan titik signifikansi 0,035 > 0,05 yang artinya media video memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa. . Sedangkan data hasil belajar menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu 4145 > 1669 dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05 jadi dapat disimpulkan media video memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI Mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Laeparira.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Video, Minat Belajar, Hasl Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 01:38 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 01:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46042 |