PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TALAWI

Sinaga, Herty Arnita (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TALAWI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126182013 Cover.pdf]
Preview
Text
1. 8126182013 Cover.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126182013 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126182013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126182013 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126182013 Abstrak.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126182013 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126182013 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126182013 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126182013 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126182013 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126182013 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126182013 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126182013 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126182013 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126182013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126182013 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126182013 Bab I.pdf - Published Version

Download (815kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126182013 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126182013 Bab V.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126182013 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126182013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan bahan ajar yang layak digunakan, mudah dipelajari, dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual; (2) untuk mengetahui keefektifan bahan ajar yang dikembangkan pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran Dick dan Carey. Metode penelitian terdiri dari dua tahapan, tahap I merupakan uji coba produk yang terdiri dari: (1) validasi ahli materi pelajaran, (2) validasi ahli desain pembelajaran, (3) Uji coba perorangan, (4) uji coba kelompok kecil, dan (5) uji coba lapangan terbatas; tahap II merupakan uji efektivitas produk dengan cara: (1) menguji normalitas data penelitian, (2) menguji homogenitas data penelitian, (3) menguji hipotesis penelitian, dan (4) menghitung nilai efektivitas bahan ajar yang dikembangkan.Subjek uji coba terdiri dari lima ahli materi pelajaran bahasa Indonesia, empat ahli desain pembelajaran, tiga siswa untuk uji coba perorangan, Sembilan siswa untuk uji kelompok kecil, dan 40 orang siswa untuk uji lapangan terbatas. Data-data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket dan dianalisis dengan teks analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi pelajaran bahasa Indonesia berada pada kualifikasi sangat baik (90,8%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (87,7%), (3) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (93%), (4) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (87,6%), dan (5) uji coba lapangan terbatas berada pada kualifikasi sangat baik (85,8%).Produk akhir dari pengembangan bahan ajar ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Talawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 80 orang siswa yang terdiri dari 40 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan bahan ajar dan 40 siswa lain sebagai kelas kontrol yang menggunakan buku teks sebagaimana berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran.Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung =8,8 > ttabel = 1,6689, dengan dk = (n1 + n2 -2) pada taraf signifikansi α = 0,05. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar sebesar 96,8% lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan buku teks 81,1%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.62 Sin p
Keywords: Sumber Belajar; Bahan Ajar; Buku AJar Eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 06 Jun 2016 03:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4604

Actions (login required)

View Item
View Item