G.A.N, SEPTIANA (2021) PENGEMBANGAN E-MODULE DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP BUILDER BERBASIS PROBLEM SOLVING MATA KULIAH PERPAJAKAN PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7173141031 COVER.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
2. NIM. 7173141031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
3. NIM. 7173141031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
4. NIM. 7173141031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM. 7173141031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 7173141031 TABLES.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
7. NIM. 7173141031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 7173141031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 7173141031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. NIM. 7173141031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 7173141031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-module dengan Menggunakan Aplikasi Flip Builder Berbasis Problem Solving Pada Mata Kuliah Perpajakan materi PPH Pasal 23, Pasal 24, Pasal 25, Pasal 26, dan Pasal 28(a)/29. Untuk membantu mahasiswa dalam Proses pembelajaran dimasa Pandemik Covid-19 ini.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Research and Development (R&D). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Tahap Pengembangan memeliki 2 tahapan yaitu 1). Uji validasi yang dimana terdapat dua validator yaitu ahli materi dan ahli media. 2). Uji kepraktisan dimana terdapat beberapa tahapan yaitu uji dari dosen mata kuliah perpajakan (satu orang), uji perorangan (3 orang) dan uji kelompok kecil (6 orang). 3). Tahap selanjutnya dimana menguji kemenarikan dari E-module yaitu uji perorangan (3 orang) dan uji kelompok kecil (6 orang). uji coba kelompok terbatas dengan penyebaran angket secara online.Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media yaiu diperoleh kriteria dapat digunakan dengan revisi sebagian dengan hasil 85% dan dapat digunakan dengan revisi sebagian dengan hasil 84%. Perolehan hasil dari uji kepraktisan dimana dosen mata kuliah sebesar 91.7% yaitu dapat digunakan tanpa revisi dan uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil sebesar 93% dimana E-module sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-module, Flip Builder, Problem Solving |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 03:34 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46037 |