SIDAURUK, SELNA APRILIA (2021) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 PANGURURAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7173141030 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
2. NIM. 7173141030 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (753kB) | Preview
3. NIM. 7173141030 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 7173141030 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
5. NIM. 7173141030 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (779kB) | Preview
6. NIM. 7173141030 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
7. NIM. 7173141030 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
8. NIM. 7173141030 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM. 7173141030 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (692kB) | Preview
13. NIM. 7173141030 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
14. NIM. 7173141030 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh fasilitas belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pangururan Tahun Ajaran 2020/2021
Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pangururan yang berjumlah 107 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling yaitu sebanyak 85 siswa. Uji validitas instrument menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial dan simultan serta perhitungan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan. Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signiikan antara variabel fasilitas belajar (X1) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y) kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pangururan yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 4,406 > 1,663 dengan dinilai signifikansi 0,000 < 0,05, kedua terdapat pengaruh antara disiplin belajar (X2) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y) kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pangururan yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 3,906 > 1,663 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Ketiga, secara simultan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel fasilitas belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pangururan. Berdasarkan analisis diperoleh Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,804 yang menjelaskan bahwa pengaruhfasilitas belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 80,4% dan sisanya sebesar 19,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Fasilitas Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 01:37 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 01:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46036 |