Pratiwi, Yunda (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 2 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143141067 COVER.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
2. NIM 4143141067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
3. NIM. 4143141067 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4. NIM. 4143141067 PREFACE.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
5. NIM. 4143141067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (877kB) | Preview
8. NIM. 4143141067 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
12. NIM. 4143141067 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
13. NIM. 4143141067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media sosial pada pembelajaran biologi di kelas XI MIA SMA Negeri 2 Binjai Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling yaitu sebanyak 3 kelas yang terdiri dari 105 peserta didik dan 2 guru biologi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa angket yang terdiri dari 6 jenis media sosial (WhatsApp, YouTube, Zoom, Instagram, Google classroom, dan Quipper school). Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa Peserta didik kelas XI MIA dan guru biologi di SMA Negeri 2 Binjai T.P 2020/2021 menggunakan media sosial berupa WhatsApp (100%), YouTube (100%), Zoom (99,07%), Instagram (0%), Google classroom (0%), dan Quipper school (0%) dalam pembelajaran biologi. Intensitas penggunaan media sosial yang dilakukan oleh peserta didik, yaitu WhatsApp digunakan 2-4 jam (42,86%); 5-7 jam (52,38%); 8-10 jam (4,76%) per hari, YouTube digunakan < 2 jam (7,62%); 2-4 jam (36,19%); 5-7 jam (49,52%); 8-10 jam (6,67%) per hari dan Zoom digunakan satu kali (66,67%) dalam sehari. Intensitas penggunaan media sosial yang dilakukan oleh kedua guru biologi, yaitu WhatsApp digunakan 5-7 jam dan 8-10 jam per hari; YouTube digunakan < 2 jam dan 2-4 jam per hari; serta Zoom digunakan satu kali dalam sehari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 025 |
Keywords: | Media sosial; Pembelajaran biologi; Teknologi informasi; Intensitas |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 05:14 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 05:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46029 |