SIMBOLON, MAEKA MARINI (2021) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PEGAGAN HILIR TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7172141014 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 7172141014 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
3. NIM. 7172141014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM. 7172141014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM. 7172141014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
6. NIM. 7172141014 TABLES.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
7. NIM. 7172141014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
8. NIM. 7172141014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 7172141014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
13. NIM. 7172141014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM. 7172141014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pegagan Hilir tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pegagan Hilir tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pegagan Hilir. Jenis penelitian adalah expost facto dengan populasi sebanyak 205 orang siswa dan sampel sebanyak 135 orang siswa. teknik pengambilan sampel menggunakan proportional sample. Instrumen penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner yang diuji secara validitas dan reliabilitas menggunakan software SPSS 23. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 12,219 + 0,479 X1 + 0,369 X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji parsial disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan nilai thitung > ttabel (6,582 > 1,656) dan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan nilai thitung > ttabel (4,453 > 1,656) dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar dan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dimana Fhitung > Ftabel (96,122 > 3,06) dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,593 yang artinya terdapat sebesar 59,3% pengaruh disiplin belajar dan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA N 1 Pegagan Hilir tahun ajaran 2020/2021 sedangkan sisanya sebesar 40,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar dan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA N 1 Pegagan Hilir tahun ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | disiplin belajar, teman sebaya, minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 03:06 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46002 |